Sebut China Siap Bekerja Sama dengan AS, Xi Jinping Ajukan Syarat

Rabu, 10 November 2021 - 20:16 WIB
loading...
Sebut China Siap Bekerja Sama dengan AS, Xi Jinping Ajukan Syarat
Presiden China Xi Jinping. Foto/Globe Echo
A A A
BEIJING - Jelang pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden secara virtual, Presiden China Xi Jinping mengatakan negaranya bersedia bekerja sama bersama Amerika. Namun ia menegaskan bahwa kerja sama itu dilandasi atas dasar saling menghormati.

Beijing biasanya menggunakan istilah "saling menghormati" dalam menyerukan komunikasi yang lebih baik dengan AS.

“Saat ini, hubungan China-AS berada pada titik sejarah yang kritis,” kata Xi Jinping, menurut surat yang ditujukan kepada Komite Nasional Hubungan AS-China, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di New York.

"Kedua negara akan mendapatkan keuntungan dari kerja sama dan kekalahan dari konfrontasi. Kerja sama adalah satu-satunya pilihan yang tepat," sambung Jinping.



"Mengikuti prinsip-prinsip saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan, China siap bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk meningkatkan pertukaran dan kerja sama di seluruh bidang," menurut surat tersebut seperti dikutip dari CNBC, Rabu (10/11/2021).

Surat tersebut dibacakan dalam bahasa Inggris oleh duta besar China untuk AS, Qin Gang, selama gala tahunan Komite Nasional Hubungan AS-China. Acara tersebut disiarkan langsung pada Rabu pagi waktu Beijing.

Jinping juga mengatakan China ingin bekerja dengan AS untuk mengatasi masalah regional dan internasional serta tantangan global.

Dia menambahkan kedua negara perlu mengelola perbedaan dengan benar sementara itu, untuk membawa hubungan China-AS kembali ke jalur yang benar dari perkembangan yang sehat dan stabil.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)