Jenderal Tertinggi Pentagon: Dunia Kini Miliki 3 Kekuatan Besar dan AS Ditantang

Kamis, 04 November 2021 - 07:01 WIB
loading...
A A A
Selama 40 tahun terakhir, Beijing telah secara aktif berinvestasi dalam militernya dan sekarang siap untuk menantang AS, setidaknya di tingkat regional untuk saat ini.

"China jelas menantang kami secara regional, dan aspirasi mereka adalah untuk menantang Amerika Serikat secara global," katanya.

Selama beberapa tahun terakhir, militer China dan AS telah mengalami banyak pertikaian di berbagai wilayah, dengan Laut China Selatan menjadi hotspot untuk insiden semacam itu.



Jalur perairan yang kaya sumber daya, yang tunduk pada klaim teritorial dan maritim yang tumpang tindih itu, adalah salah satu target utama dari apa yang disebut misi "kebebasan navigasi" oleh AS, serta lokasi penumpukan militer China.

Sumber utama ketegangan bilateral lainnya adalah Taiwan, pulau yang memerintah sendiri secara demokratis yang mempertahankan hubungan nyaman dengan Washington—dan diklaim sebagai bagian integral dari China oleh Beijing.

Tahun ini, militer China semakin aktif di sekitar pulau itu. Kapal militer AS juga berulang kali muncul di selat Taiwan, memicu reaksi marah di Beijing dan tuduhan campur tangan dalam urusan internal China.

Milley, bagaimanapun, berpikir bahwa meskipun otot-ototnya aktif, Beijing tidak mungkin mencoba dan merebut kendali Taiwan dengan paksa dalam waktu dekat.

"Berdasarkan analisis saya tentang China, saya tidak berpikir kemungkinan dalam waktu dekat—didefinisikan sebagai, Anda tahu, enam, 12, mungkin 24 bulan, jendela semacam itu," katanya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)