Kondisi Terbaru Cleo yang Diculik 18 Hari, Polisi Menangis Saat Menemukannya

Rabu, 03 November 2021 - 14:04 WIB
loading...
Kondisi Terbaru Cleo yang Diculik 18 Hari, Polisi Menangis Saat Menemukannya
Cleo Smith ditemukan dalam kondisi baik setelah 18 hari diculik di Australia. Foto/facebook
A A A
PERTH - Polisi menerobos masuk ke rumah di pinggiran kota pada Rabu (3/11/2021) dan menyelamatkan seorang gadis berusia 4 tahun yang menghilang dari tenda kemah keluarganya di pantai barat Australia lebih dari dua pekan lalu.

Para pejabat menangis lega setelah melihat video kamera tubuh seorang petugas polisi yang membawa gadis itu, Cleo Smith, dan mendengarnya berkata, "Nama saya Cleo."

Seorang pria setempat berusia 36 tahun ditangkap setelah penggerebekan larut malam di rumah di kota pesisir Carnarvon. Penggerebekan ini berdasarkan informasi yang didapat polisi pada Selasa (2/11/2021).



Gadis itu bertemu kembali dengan ibunya Ellie Smith dan ayah tiri Jake Gliddon segera setelah dia diselamatkan. "Keluarga kami utuh kembali," ungkap sang ibu di media sosial.



Komisaris Polisi negara bagian Australia Barat Chris Dawson tidak merinci apa yang dialami gadis itu. “Dia sebaik yang Anda harapkan. Ini telah menjadi cobaan. Saya tidak akan membahas lebih detail, selain mengatakan kami sangat bersyukur dia masih hidup,” ujar dia.



Dawson mengatakan "pekerjaan polisi yang teratur dan metodis" menyebabkan dia ditemukan.

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison bereaksi dari Uni Emirat Arab (UEA) dalam perjalanan pulang dari Skotlandia. Dia berterima kasih kepada polisi karena menemukan Cleo dan mendukung keluarganya.

“Ini adalah mimpi terburuk setiap orang tua. Fakta bahwa mimpi buruk itu telah berakhir dan ketakutan terburuk kami tidak terwujud sungguh melegakan, momen untuk kegembiraan yang luar biasa,” ungkap Morrison kepada wartawan.

"Kasus khusus ini, jelas, telah merebut hati warga Australia karena kita merasakan kesedihan yang sangat mendalam keluarga," tutur dia.

Keluarga Cleo tinggal di Carnarvon, komunitas berpenduduk 5.000 orang, dan gadis itu menghilang dengan kantong tidurnya pada hari kedua perjalanan berkemah keluarga di Blowholes Campground, 75 kilometer utara Carnarvon, pada 16 Oktober.

Pencarian darat dan laut besar-besaran pada awalnya dilakukan di wilayah yang jarang penduduknya dengan asumsi bahwa dia telah mengembara dari tenda. Tetapi lebih banyak bukti mulai mendukung bahwa itu kasus penculikan.

Satu kendaraan dilaporkan melaju kencang dari daerah itu pada jam-jam gelap di pagi hari. Ritsleting di tutup kompartemen tenda tempat Cleo dan saudara perempuannya tidur terlalu tinggi untuk dijangkau gadis kecil itu.

Ilmuwan forensik memeriksa bagian luar rumah keluarga untuk melihat apakah predator anak telah menguntit Cleo dan berusaha masuk.

Ellie Smith yang putus asa membuat permohonan publik yang emosional untuk informasi tentang keberadaan putrinya yang disiarkan di seluruh Australia.

Komisaris Polisi New South Wales Mick Fuller mengatakan Dawson mengatakan kepadanya bahwa dia menangis ketika Cleo ditemukan.

Fuller telah menelepon ke seluruh negeri dari Sydney di pantai timur, ke Perth di barat, untuk memberi selamat kepada Dawson atas hasil pencariannya.

“Dia menangis dan menangis, yang bagi seorang veteran di kepolisian, Anda jarang melihatnya,” tutur Fuller kepada Sydney Radio 2GB.

"Ini berbicara banyak dalam hal jumlah upaya yang mereka lakukan untuk menemukannya," ungkap dia.

“Sementara kita semua berharap dan berdoa seiring berjalannya waktu, saya pikir peluang untuk menemukannya dalam keadaan hidup sangat tipis,” tambah dia.

Dawson mengatakan video kamera tubuh empat petugas polisi masuk ke rumah dengan surat perintah penggeledahan dan menemukan gadis itu membuatnya emosional.

“Ini adalah kesempatan yang sangat menggembirakan. Kami tidak selalu mendapatkan hasil seperti ini, dan meskipun kami sangat, sangat khawatir, kami tidak kehilangan harapan,” tutur Dawson.

Wakil Komisaris Polisi Australia Barat Col Blanch menggambarkan melihat detektif berpengalaman itu “secara terbuka menangis dengan lega.”

"Kami sedang ... mencari jarum di tumpukan jerami dan kami menemukannya," ujar Blanch kepada Perth Radio 6PR.

"Ketika dia berkata, 'Nama saya Cleo,' saya tidak berpikir ada mata kering di rumah," papar Blanch, mengutip kata-kata gadis itu kepada petugas polisi yang menggendongnya.

"Melihat Cleo diselamatkan pagi ini, saya tidak bisa berkata-kata," tutur Blanch.

Pemerintah negara bagian telah menawarkan hadiah 1 juta dolar Australia (USD743.000) untuk informasi keberadaannya, lima hari setelah dia menghilang, tetapi Blanch mengatakan uang itu diperkirakan tidak akan diklaim.

“Polisi telah menerima intelijen pada Selasa yang membimbing mereka ke rumah, tetapi terobosan itu adalah hasil dari penyelidik mengumpulkan bukti,” ungkap Blanch.

“Ada banyak hal. Ada pergerakan mobil, ada pergerakan telepon, ada anteseden orang,” papar dia.

Presiden Carnarvon Shire Eddie Jones mengatakan masyarakat setempat “gembira dan bersyukur” ketika mereka mendengar kabar baik itu.

“Saya sangat lega. Mimpi buruk sekarang akhirnya berakhir untuk Cleo dan keluarganya," tulis Perdana Menteri Australia Barat Mark McGowan di media sosial.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)