Iran Gagalkan Serangan Perompak Kapal Tanker Minyak di Teluk Aden

Senin, 01 November 2021 - 21:04 WIB
loading...
A A A
Lorong-lorong selat yang sempit menjadikannya tempat utama serangan bajak laut, seperti halnya kedekatannya dengan pantai Somalia, asal sebagian besar bajak laut di wilayah itu.

Organisasi Maritim dan Perdagangan Inggris (UKMTO) mengatakan dalam laporan triwulanannya bahwa serangan bajak laut menurun, meskipun insiden non-pembajakan (seperti serangan pesawat tak berawak) meningkat.

UKMTO cenderung hanya mencatat keterlibatan dan bukan insiden di mana perompak dapat ditangkis.

Serangan ini cenderung dilakukan perahu cepat yang menempel di samping kapal yang jauh lebih besar dan bajak laut kemudian naik menggunakan tangga. Mereka kemudian mengambil kendali kapal dan awak untuk mencari uang tebusan.

Pembajakan telah menurun secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir karena kehadiran penjaga keamanan bersenjata di atas kapal-kapal komersial, serta kehadiran pasukan angkatan laut yang bersahabat di daerah tersebut.

Iran juga mengklaim angkatan lautnya telah meningkatkan kehadirannya di daerah itu untuk melindungi pelayaran, menurut laporan Tasnim.

Iran juga telah mengirim lebih banyak kapal tanker minyak melalui Laut Merah menuju Lebanon untuk menyediakan bahan bakar minyak guna mencoba meringankan krisis bahan bakar yang sedang berlangsung.

Pengiriman bahan bakar minyak itu atas perintah kelompok Hizbullah yang didukung Iran. Meski demikian, pengiriman minyak Iran ini ditentang pemerintah Lebanon yang menganggapnya melanggar kedaulatannya.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)