AS Akan Kirim Tiga Kapal Patroli ke Ukraina

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 10:56 WIB
loading...
AS Akan Kirim Tiga Kapal Patroli ke Ukraina
AS akan mengirim tiga kapal patroli kelas Island ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Amerika Serikat (AS) akan mengirim tiga kapal patroli kelas Island ke Ukraina pada November mendatang. Hal itu diungkapkan Duta Besar Ukraina untuk AS, Oksana Markarova.

Sebelumnya pada bulan Oktober, Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa dua kapal patroli kelas Island akan ditransfer dari AS ke Ukraina selama kuartal ketiga tahun 2021, dan satu lagi akan dikirimkan pada akhir tahun.

“Hari ini di Baltimore, di pangkalan Penjaga Pantai AS, awak kelima pelaut Ukraina dinyatakan siap untuk bertugas di kapal patroli kelas Island yang disebut Kubrak. Pelatihan enam minggu dengan instruktur terbaik AS dan pada November tiga kapal akan dikirim dari Baltimore ke Ukraina selain dua yang sudah dalam dinas militer kami," tulis Markarova di Facebook yang nukil Sputnik, Sabtu (23/10/2021).

Duta Besar Ukraina itu mencatat bahwa ini menunjukkan tingkat kemitraan strategis di bidang pertahanan antara Ukraina dan AS, serta fokus khusus pada angkatan laut dan pengembangan kemampuan Ukraina di Laut Hitam dan Azov.

Baca juga: Hanya Bisa Bahasa Rusia, Miss Universe Ukraina Bikin Sewot Satu Negara

“Di laut, di darat dan di udara, kami membangun kemampuan pertahanan kami dan bergerak menuju standar NATO,” tambah Markarova.



Kapal kelas Island adalah kapal patroli cepat dari penjaga pantai AS yang dirancang untuk patroli dan operasi pencarian serta penyelamatan di perairan pesisir. Pada September 2018, dua dari kapal ini dipindahkan ke Angkatan Laut Ukraina.

Pernyataan ini muncul setelah sebelumnya Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa kehadiran militer NATO di Ukraina merupakan ancaman nyata bagi Rusia.

Baca juga: Gara-gara Kesepakatan Gas Rusia, Hungaria Bersitegang dengan Ukraina
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2679 seconds (11.252#12.26)