Hujan Es Sebesar Kepalan Tangan Pecahkan Kaca-kaca Mobil di Queensland

Rabu, 20 Oktober 2021 - 09:00 WIB
loading...
Hujan Es Sebesar Kepalan Tangan Pecahkan Kaca-kaca Mobil di Queensland
Bongkahan es yang jatuh di Queensland. FOTO/ABC News
A A A
QUEENSLAND - Hujan es 'terbesar yang pernah ada' di Australia merusak mobil dan memecahkan kaca jendela di Queensland, Australia. Es yang jatuh dari langit itu bahkan diameternya lebih besar dari 16cm. Shane Kennedy, dari Biro Meteorologi Australia, mengatakan, rekor sebelumnya adalah sekitar 14cm.

"Semalam, bongkahan es seukuran itu memiliki kecepatan luncur lebih dari 100km jam," katanya kepada ABC News, Rabu (20/10/2021). Biro Meteorologi Australia men-tweet: "Hujan batu es raksasa lebih dari 16 sentimeter telah diamati di Yalboroo, utara Mackay di Central Queensland." Yalboroo berjarak sekitar 804km di utara Brisbane.

Baca: Banjir dan Hujan Es di Makkah Reda, Warga dan Jamaah Umrah Gembira

"Ini sangat mengesankan - jelas bukan untuk penduduk di bawahnya - tetapi hujan es yang sangat mengesankan," kata ahli meteorologi senior Dean Narramore. "Kami melihat beberapa foto hujan es di sebelah pita pengukur, tim akan memeriksanya untuk melihat apakah kami dapat memverifikasinya," lanjutnya.

Orang-orang yang terjebak dalam cuaca aneh juga melaporkan jendela pecah dan kerusakan pada kendaraan mereka. Christopher Harvey, yang mengemudi di dekat Mackay, mengatakan kepada ABC News, bahwa hujan es lebih besar dari tangannya dan dia harus menepi untuk keselamatan.

"Saya cepat mengambil video saat es melewati kaca belakang saya, kemudian tidak lama setelah itu menembus kaca depan saya," katanya. "Es itu mengenai atap mobil saya, mendorong dudukan kacamata saya ke bawah, menyebabkan sedikit kerusakan," lanjutnya.



Baca: Fenomena Hujan Es di Depok, BMKG: Kerap Terjadi Pada Transisi Musim

Peringatan badai petir parah untuk beberapa bagian Queensland tetap berlaku, dengan perkiraan angina yang merusak, hujan es berukuran raksasa, dan hujan lebat. Badai diperkirakan akan berlama-lama di pesisir tenggara dan tengah Queensland pada hari Rabu, dengan kemungkinan hujan es besar hingga raksasa,

Di tempat lain, hujan diperkirakan untuk Illawarra dan badai bisa melanda Sydney. Bagian depan cuaca yang besar dan sistem tekanan rendah di atas Australia Barat memiliki kecepatan angin hingga 108 km per jam yang menghantam Pulau Rottnest dan membawa hujan lebat. Biro Meteorologi Australia mengatakan ini kemungkinan akan pindah ke Australia Selatan, mendorong angin panas dan merusak melintasi wilayah utara dan barat negara bagian itu.
(esn)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2523 seconds (11.252#12.26)