Gadis Umur 6 Tahun Pecahkan Rekor Hafalan Pi Singapura, Mengingat 1.560 Digit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 05:30 WIB
loading...
Gadis Umur 6 Tahun Pecahkan Rekor Hafalan Pi Singapura, Mengingat 1.560 Digit
Ishani Shanmugam (tengah) menempatkan dirinya dalam Singapore Book of Records. Foto/Vennila Munusamy
A A A
SINGAPURA - Ishani Shanmugam yang baru berusia enam tahun memecahkan rekor nasional Singapura untuk sebagian besar digit pi yang dihafal dengan melafalkan 1.560 tempat desimal dari konstanta matematika.

Dia mengalahkan pelatih memori Sancy Suraj yang memegang rekor sebelumnya dengan 1.505 digit pada 2018 dan Wellon Chou yang merupakan pemegang rekor pada 2013 dengan 1.380 digit. Gadis perempuan itu pun mengamankan tempat di Singapore Book of Records.

Gadis Umur 6 Tahun Pecahkan Rekor Hafalan Pi Singapura, Mengingat 1.560 Digit


Duduk di ruang tamunya pada Rabu (13/10/2021), Ishani dengan tenang melafalkan angka pi dalam waktu sekitar 10 menit, dengan personel dari Singapore Book of Records memverifikasi angka tersebut.



Ibunya, Vennila Munusamy, 36, mengatakan pada The Straits Times pada Sabtu (16/10/2021) bahwa jantungnya berdebar kencang selama acara tersebut.



Ibu rumah tangga itu berkata, "Tapi Ishani sangat tenang dan tenang. (Orang-orang dari Singapore Book of Records) bertanya apakah dia gugup, tapi dia berkata, 'Saya sangat bersemangat, kita bisa mulai sekarang.'"



Pada September tahun lalu, Ishani, yang menghadiri PCF Sparkletots, bisa melafalkan 409 digit pi. Tetapi dia mengatakan kepada orang tuanya bahwa dia ingin mempelajari lebih banyak angka.

Ayahnya, Shanmugam V S (42) adalah seorang manajer teknologi di satu bank investasi. Dia dan istrinya memulai pelatihannya pada April dengan memperkenalkan beberapa digit baru setiap hari.

"Kami sangat bangga padanya. Kami tidak menyangka dia akan mendapatkannya pada percobaan pertama karena dia harus mendapatkan setiap digit dengan benar. Setelah dia memecahkan rekor, kami meneteskan air mata bahagia," papar dia.

Vennila mengatakan dia dan suaminya menyadari Ishani memiliki ingatan yang luar biasa dan keinginan untuk belajar ketika dia berusia dua tahun.

"Ishani bisa membaca buku cerita sendiri, selalu satu demi satu tanpa henti. Kami akan menunjukkan kartu flash bendera negara dan dia akan menghafal semua 195 dari mereka,” papar dia.

"Kemudian kami menyadari bahwa dia tertarik pada sains dan geografi. Dia akan memahami detail program TV geografis dan menjelaskannya kepada kami," ujar dia.

"Kami tidak pernah mendorongnya untuk melakukan apa pun, kami hanya ingin mengasah minatnya dan kami akan membantunya dalam apa pun yang ingin dia kejar," papar Shanmugam.

Hobi terakhir Ishani adalah bermain piano tetapi ini tidak berarti dia telah pindah dari usahanya pi.

Vennila menambahkan, "Dia ingin belajar lebih banyak digit pi sekarang, untuk menambahkan lebih banyak digit ke catatannya."

Rekor Dunia Guinness saat ini untuk sebagian besar tempat desimal dari pi yang dihafal dipegang oleh Rajveer Meena, yang saat berusia 21 tahun pada 2015, melafalkan 70.000 digit di Universitas VIT di India.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2317 seconds (0.1#10.140)