Ngerinya Perang Masa Depan, Robodog Kini Dipasangi Senapan Sniper Otomatis

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 06:01 WIB
loading...
Ngerinya Perang Masa Depan, Robodog Kini Dipasangi Senapan Sniper Otomatis
Robot berkaki empat dipasangi senapan sniper otomatis. Foto/Instagram/@swordinternational
A A A
WASHINGTON - Perkembangan mengerikan terjadi di dunia persenjataan terbaru. Para pengembang kini sudah memasang senapan sniper di robodog.

Robodog merupakan robot berbentuk mirip anjing dengan empat kaki yang dapat berjalan di berbagai kondisi medan.

Ngerinya Perang Masa Depan, Robodog Kini Dipasangi Senapan Sniper Otomatis


Di stan pameran pameran tahunan Asosiasi Angkatan Darat Amerika Serikat, Ghost Robotics (pesaing ramah militer dari Boston Dynamics yang lebih terkenal) dengan bangga memamerkan senjata yang dirancang dipasang pada robot berkaki empat yang dibuat perusahaan bernama SWORD Defense Systems.



“SWORD Defense Systems Special Purpose Unmanned Rifle (SPUR) secara khusus dirancang melakukan tembakan presisi dari platform tak berawak seperti Ghost Robotics Vision-60 berkaki empat,” ungkap klaim SWORD di situsnya.



Dilengkapi dengan 6.5 Creedmoor, memungkinkan tembakan presisi hingga jarak 1200 meter. SPUR juga dapat menggunakan kartrid NATO 7.62×51 untuk ketersediaan amunisi.



Karena sensornya yang sangat mumpuni, SPUR dapat beroperasi dalam berbagai kondisi, baik siang maupun malam. “Sistem Pertahanan SWORD SPUR adalah masa depan sistem senjata tak berawak, dan masa depan itu adalah sekarang,” ungkap Caitlin Johnstone, jurnalis independen di Melbourne, Australia.

Kembali pada Mei, Angkatan Udara AS mengeluarkan video tentang senjata "Robotic Ghost Dog" yang dirancang untuk digunakan. Dalam video itu tampak robot itu berlari, berdiri setelah dibalik, dan bahkan menari.

Semuanya menjadi tak lagi lucu ketika Anda membayangkan robot itu melakukan manuver ini sambil membawa senapan sniper yang dirancang meledakkan tengkorak dari jarak satu kilometer.

Pada satu titik dalam video, seorang Sersan Master Senior menjelaskan kepada tuan rumah bagaimana robodog ini dapat ditempelkan dengan semua jenis peralatan seperti sistem komunikasi, lampiran pembuangan persenjataan bahan peledak, peralatan untuk menguji bahan kimia dan radiasi, dan sepanjang waktu Anda mendengarkan dia membuat daftar hal-hal yang Anda pikirkan.

“Persenjataan. Ya senjata. Anda dapat menempelkan senjata pada mereka, mengapa Anda tidak mengatakan itu saja?” papar Sersan Master Senior

Prototipe SPUR hanyalah salah satu dari banyak senjata berbeda yang pasti akan diuji untuk digunakan dengan robot berkaki empat di tahun-tahun mendatang.

“Pada akhirnya kita mungkin akan melihat penerusnya diuji pada orang-orang asing yang miskin dalam intervensi militer yang tidak perlu oleh Amerika Serikat dan atau negara sekutunya. Mereka akan bergabung dengan sistem senjata tak berawak lainnya di gudang senjata kekaisaran seperti program drone terkenal AS, Samsung SGR-A1 dari Korea Selatan, drone Kargu Turki yang dilaporkan telah menyerang manusia di Libya tanpa diberi perintah manusia untuk melakukannya, dan senapan sniper robot berbantuan AI yang digunakan intelijen Israel berkoordinasi dengan pemerintah AS untuk membunuh seorang ilmuwan Iran tahun lalu,” ujar Caitlin Johnstone.

“Dan kita mungkin melihat masa depan yang tidak terlalu jauh di mana sistem senjata tak berawak juga dicari oleh warga sipil yang kaya,” papar dia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)