4 Mata-mata Berkedok PSK, Dunia Telik Sandi dalam Balutan Seksualitas

Kamis, 14 Oktober 2021 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Mata Hari terlahir dengan nama Margaretha Geertruida Zelle. Dia terlahir dari pasangan pengusaha minyak Belanda yang sukses pada tahun 1876.

4 Mata-mata Berkedok PSK, Dunia Telik Sandi dalam Balutan Seksualitas


Namun kebangkrutan bisnis sang ayah mengubah hidupnya secara drastis. Dia menikah dengan Kapten Rudolf Macleod.

Ketika berada di Jawa, dia belajar tarian Jawa dan menjadi penari elit pada saat itu. Margaretha menjadi mata-mata diawali kepindahannya ke Prancis.

Pada 1905, dia berganti haluan menjadi penari erotis. Profesi ini yang membuatnya dekat dengan sejumlah pejabat. Kemudian dia direkrut untuk menjadi agen spionase oleh dua kubu yang sedang berperang atau bisa disebut mata-mata ganda.

Ketika menjadi penari erotis di Jerman, Mata Hari dikabarkan direkrut untuk menjadi mata-mata oleh agen rahasia Jerman. Dia disebut dengan kode H21 oleh pihak Jerman. Selain menjadi mata-mata Jerman, dia juga direkrut untuk jadi mata-mata Prancis dan dibayar dengan honor 1 juta Frank.

Pekerjaannya dia terima agar dia bisa hidup bersama seorang kekasihnya asal Rusia, Vladmir Masloff. Pada 1916, Mata Hari ditangkap di London dan diinterogasi atas tuduhan telah menjadi agen ganda. Namun dia menolak tuduhan tersebut. Kemudian dia ditangkap oleh Agen Rahasia Prancis. Dia dijatuhi hukuman mati atas perbuatannya.

3. Marthe Richard

Marthe Richard lahir di Prancis, 15 Agustus 1889. Dia mulai menjadi seorang PSK pada 1905. Perannya sebagai mata-mata berawal ketika suaminya meninggal saat Perang Dunia I pada 1916.

4 Mata-mata Berkedok PSK, Dunia Telik Sandi dalam Balutan Seksualitas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)