alexametrics

Eks Presiden AS George W Bush Serukan Keadilan untuk George Floyd

loading...
Eks Presiden AS George W Bush Serukan Keadilan untuk George Floyd
Mantan Presiden AS George W Bush buka suara terkait demonstrasi dan kerusuhan di AS. Foto/Bloomberg
A+ A-
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), George W Bush, buka suara terkait kerusuhan dan penjarahan yang dipicu aksi demonstrasi menuntut keadilan bagi George Floyd.

Lewat sebuah pernyataan, Bush mengatakan ia dan istrinya mengaku sangat sedih dengan kematian George Floyd yang brutal dan merasa terganggu dengan ketidakadilan dan ketakutan yang mencekik AS. Ia pun menyerukan AS untuk "memeriksa kegagalan yang tragis" dan mengakhiri penjarahan.

Pernyataan ini muncul ketika demonstrasi menentang perlakuan terhadap warga Afro-Amerika oleh polisi dan lembaga-lembaga lain berlanjut di kota-kota di seluruh AS lebih dari seminggu setelah Floyd meninggal dengan cara dicekik seorang perwira dengan lututnya dalam sebuah insiden yang direkam pada video oleh seorang saksi mata. Sejak perwira polisi itu didakwa dengan pembunuhan. (Baca: Viral, Video Pria Kulit Hitam Meninggal Dicekik Polisi AS)



"Tetap merupakan kegagalan yang mengejutkan bahwa banyak orang Afrika-Amerika, terutama laki-laki muda Afrika-Amerika, dilecehkan dan diancam di negara mereka sendiri," katanya.

"Ini adalah kekuatan ketika pengunjuk rasa, dilindungi oleh penegak hukum yang bertanggung jawab, berbaris untuk masa depan yang lebih baik," imbuhnya seperti dikutip dari Fox, Rabu (3/6/2020).

Bush mengatakan mengakhiri rasisme sistemik dalam masyarakat AS butuh mendengarkan suara-suara dari banyak orang yang terluka dan berduka.

"Kita hanya bisa melihat kenyataan kebutuhan Amerika dengan melihatnya melalui mata yang terancam, tertindas, dan kehilangan hak pilih," katanya.

Presiden dua masa ini bersimpati dengan "pelanggaran berulang" atas hak-hak warga Afro-Amerika tanpa tanggapan dari lembaga-lembaga, tetapi ia juga menyerukan para demonstran untuk menjaga perdamaian.

"Kami tahu bahwa keadilan abadi hanya akan datang dengan cara damai," katanya. "Penjarahan bukanlah pembebasan, dan kehancuran bukanlah kemajuan," imbaunya.

Bush menambahkan bahwa mencapai keadilan yang setara akan membutuhkan upaya yang konsisten, berani dan kreatif.

"Ada cara yang lebih baik - cara empati, dan komitmen bersama, dan tindakan berani, dan perdamaian yang berakar pada keadilan," katanya.

"Saya yakin bahwa bersama-sama, orang Amerika akan memilih cara yang lebih baik," tukasnya.
(ber)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak