Pria Penyelamat Biden di Afghanistan Tahun 2008 Kabur dari Taliban

Rabu, 13 Oktober 2021 - 01:14 WIB
loading...
Pria Penyelamat Biden di Afghanistan Tahun 2008 Kabur dari Taliban
Aman Khalili (tiga dari Kanan), pria Afghanistan yang selamatkan Presiden AS Joe Biden di Afghanistan tahun 2008, telah melarikan diri dari Taliban. Foto/Safi Rauf/Human First Coalition
A A A
KABUL - Seorang pria penerjemah yang membantu menyelamatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam badai salju tahun 2008 di Afghanistan telah melarikan diri dari Taliban yang berkuasa di negara itu.

Pria bernama Aman Khalili itu kabur bersama keluarganya setelah bersembunyi dari Taliban selama berminggu-minggu.



Departemen Luar Negeri AS pada hari Senin (11/10/2021) mengonfirmasi bahwa Khalili dan keluarganya telah diterbangkan ke Qatar dengan bantuan pemerintah Amerika dan organisasi nirlaba.

Setelah menyeberang ke Pakistan melalui jalur darat, Khalili dan keluarganya terbang dengan pesawat pemerintah AS ke Doha, Qatar, tempat ribuan pengungsi dari Afghanistan sedang diproses oleh pejabat AS untuk beremigrasi ke Amerika.

The Wall Street Journal melaporkan sebelumnya bahwa Khalili, istri dan lima anaknya tidak dapat melarikan diri dalam penerbangan darurat Agustus lalu setelah pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban.

Sejak itu, mereka bersembunyi selama berminggu-minggu untuk menghindari penangkapan oleh pasukan Taliban. Mereka secara perlahan menyelinap masuk ke Pakistan.

Pada tahun 2008 Khalili bekerja sebagai penerjemah untuk pasukan AS ketika Biden, yang saat itu menjabat sebagai senator, dua anggota Parlemen Amerika lainnya, Chuck Hagel dan John Kerry, mengunjungi Afghanistan.

Ketika badai salju memaksa helikopter mereka mendarat di daerah terpencil, Khalili bergabung dengan Pasukan Reaksi Cepat militer kecil yang melaju dari Pangkalan Udara Bagram ke pegunungan untuk menyelamatkan mereka.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)