Sambut Hari Nasional Taiwan, Taipei dan RI Perkuat Kerja Sama Bilateral

Senin, 11 Oktober 2021 - 23:01 WIB
loading...
Sambut Hari Nasional Taiwan, Taipei dan RI Perkuat Kerja Sama Bilateral
Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) John Chen. Foto/teto
A A A
JAKARTA - Hubungan bilateral antara Taiwan dan Indonesia terus menguat melalui upaya bersama kedua pihak. Taiwan adalah mitra dagang terbesar ke-10 Indonesia dan sumber investasi asing langsung terbesar ke-9 pada 2020.

Dalam beberapa tahun terakhir, untuk merestrukturisasi rantai pasokan industri, banyak perusahaan Taiwan yang terkenal secara internasional, termasuk Meiloon Industry, Pegatron Corporation, Kenda Rubber, Walsin Lihwa, dan lainnya telah mempercepat relokasi mereka dari China ke Indonesia.

“Karena itu, saya yakin bahwa prospek kerja sama lebih lanjut di berbagai bidang antara Taiwan dan Indonesia penuh dengan potensi besar,” ungkap Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) John Chen saat pidato menyambut Hari Nasional Taiwan pada 10 Oktober 2021.



Chen ingin mengucapkan selamat kepada Indonesia karena memenangkan medali emas pertama di ganda putri bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020. Secara kebetulan, duo bulu tangkis Taiwan, Lee Yang dan Wang Chi-lin juga memenangkan emas bulu tangkis Olimpiade yang bersejarah untuk Taiwan.



“Banyak orang Indonesia yang mungkin tidak tahu bahwa Indonesia sebenarnya memiliki peran dalam membina generasi baru atlet bulu tangkis Taiwan,” papar Chen.



Salah satu pelatih bulu tangkis paling terkenal di Taiwan adalah Victo Wibowo, saat ini mengajar di Keelung High School Taiwan. Victo adalah mantan anggota tim bulu tangkis nasional Indonesia dengan prestasi peringkat terbaik ke-4 dunia untuk ganda putra.

Dia pindah ke Taiwan 20 tahun yang lalu dan telah menjadi pelatih bulu tangkis terkenal di sana. “Para pemain bulu tangkis Olimpiade Taiwan, seperti Lee Yang dan Chou Tien-chen, berada di bawah bimbingan Pak Victo di sekolah menengah,” tutur Chen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)