Kapal Selam Nuklir AS Tabrakan di Bawah Laut China Selatan

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 06:57 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir AS Tabrakan di Bawah Laut China Selatan
USS Connecticut, kapal selam bertenaga nuklir AS yang terlibat tabrakan dengan objek misterius di bawah Laut China Selatan pada 2 Oktober 2021. Foto/Twitter/@USPacificFleet
A A A
WASHINGTON - Sebuah kapal selam bertenaga nuklir milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) terlibat tabrakan dengan objek yang dirahasiakan di bawah laut di perairan Laut China Selatan.

Insiden ini terjadi pada 2 Oktober 2021, namun Angkatan Laut Amerika baru mengonfirmasi hari Jumat (8/10/2021).



Kapal selam yang terlibat tabrakan dengan objek misterius itu adalah USS Connecticut. Tidak diketahui apa yang ditabrak oleh kapal selam serangan cepat kelas Seawolf itu.

Tetapi seorang pejabat militer Amerika yang berbicara dengan syarat anonim karena tidak berwenang untuk berbicara kepada media mengatakan kepada Navy Times bahwa kecelakaan itu menimbulkan beberapa pertanyaan.

Topografi daerah itu tidak menunjukkan kapal selam itu bisa menabrak daratan.

Dua pejabat pertahanan Amerika mengatakan kepada CNNbahwa insiden itu terjadi di Laut China Selatan.

Pada bulan September lalu China sedang berburu kapal selam di Laut Cina Selatan, di mana foto-foto satelit menunjukkan peningkatan kehadiran di pulau-pulau buatan yang dimiliterisasi di wilayah tersebut.

Meskipun ada beberapa cedera di antara kru, tidak ada yang dianggap mengancam jiwa dan Armada Pasifik AS mengatakan "keselamatan kru tetap menjadi prioritas utama".

Angkatan Laut mengatakan kapal selam nuklir itu sendiri tetap dalam kondisi aman dan stabil dan pembangkit tenaga nuklir USS Connecticut tidak terpengaruh.

“Tingkat kerusakan pada kapal selam sedang dinilai,” kata Angkatan Laut.



AS tidak memerlukan bantuan dari negara lain dan sedang menyelidiki insiden tersebut untuk menentukan apa yang salah.

Pada bulan Mei dan Juni, citra satelit menemukan bahwa pesawat komando radar anti-kapal selam Y-8Q dan KQ-200 dan KJ-500 China, bersama dengan helikopter anti-kapal selam dan pengangkut pasukan, telah menjadi fitur permanen pada Subi dan Mischief Reef.

Kapal selam dari seluruh dunia semakin aktif di perairan sekitar wilayah sengketa itu, sebagai tanda penolakan terselubung terhadap aktivitas Beijing.

Awal tahun ini, Angkatan Laut Prancis mengonfirmasi kapal selam bertenaga nuklirnya, SNA Emeraude, melewati perairan yang diperebutkan, tetapi tidak mengungkapkan di mana tepatnya.

“Patroli luar biasa ini baru saja menyelesaikan perjalanan di Laut China Selatan, bukti mencolok dari kemampuan Angkatan Laut Prancis kami untuk menyebar jauh dan untuk waktu yang lama bersama dengan mitra strategis Australia, Amerika, dan Jepang kami,” kata Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly.

Sejak itu, AS telah mengirim ketiga kapal selam paling canggihnya, yang dipimpin oleh USS Seawolf, ke Pasifik.

Itu melebihi dan di atas patroli reguler oleh kapal selam USS Los Angeles dan kapal kelas Virginia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)