Penjaga Kamp Konsentrasi Nazi Berusia 100 Tahun Diadili di Jerman

Kamis, 07 Oktober 2021 - 18:23 WIB
loading...
A A A
Dia tiba di pengadilan dengan kursi roda dan memegang tas kerja.

Josef S telah tinggal di daerah Brandenburg selama bertahun-tahun. Dia dilaporkan bekerja sebagai tukang kunci, dan belum berbicara secara terbuka tentang persidangan.

Pengacaranya, Stefan Waterkamp, mengatakan kepada pengadilan bahwa terdakwa tidak akan berkomentar di persidangan atas tuduhan terhadapnya. Dia akan, bagaimanapun, berbicara tentang keadaan pribadinya pada sidang Jumat.

Josef S berusia 21 tahun ketika dia pertama kali menjadi penjaga di Sachsenhausen pada 1942.

Sekarang hampir 101 tahun, dia dianggap dapat hadir di pengadilan hingga dua setengah jam sehari. Sidang akan berlangsung hingga Januari mendatang.

Jaksa penuntut umum Cyrill Klement mengatakan kepada pengadilan tentang pembunuhan sistematis di Sachsenhausen antara 1941 dan 1945. "Terdakwa mendukung ini dengan sadar dan sukarela, setidaknya dengan hati-hati melaksanakan tugas jaga, yang terintegrasi sempurna ke dalam rezim pembunuhan," papar dia.

Puluhan ribu orang tewas di kamp di Oranienburg, utara Berlin, termasuk pejuang perlawanan, pemeluk Yahudi, lawan politik, homoseksual dan tawanan perang.

Satu kamar gas dipasang di Sachsenhausen pada 1943 dan 3.000 orang dibantai di kamp saat perang hampir berakhir karena mereka dianggap "tidak layak untuk berbaris".

Persidangan Kamis sangat penting bagi 17 penggugat bersama, termasuk para penyintas Sachsenhausen.

Christoffel Heijer berusia enam tahun ketika terakhir kali melihat ayahnya, Johan Hendrik Heijer, yang merupakan salah satu dari 71 pejuang perlawanan Belanda yang ditembak mati di kamp tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)