Biden dan Xi Jinping Sepakat Patuhi Perjanjian Taiwan

Rabu, 06 Oktober 2021 - 20:26 WIB
loading...
A A A
China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, yang harus diambil secara paksa jika perlu. Sedangan Taiwan mengatakan mereka negara merdeka dan akan mempertahankan kebebasan dan demokrasinya, menyalahkan China atas ketegangan tersebut.

Taiwan telah melaporkan 148 pesawat angkatan udara China di bagian selatan dan barat daya zona pertahanan udaranya selama empat hari terakhir yang dimulai pada hari Jumat, hari yang sama China menandai hari libur patriotik utama, Hari Nasional.

Amerika Serikat pada hari Minggu mendesak China untuk menghentikan kegiatan militernya di dekat Taiwan.

"Amerika Serikat sangat prihatin dengan aktivitas militer provokatif Republik Rakyat China di dekat Taiwan, yang mengganggu stabilitas, berisiko salah perhitungan, dan merusak perdamaian dan stabilitas regional," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pernyataan.

Biden juga tampaknya merujuk pada panggilan telepon selama 90 menit yang dia lakukan dengan Xi Jinping pada 9 September lalu, pembicaraan pertama mereka dalam tujuh bulan, di mana mereka membahas perlunya memastikan bahwa persaingan antara dua ekonomi terbesar dunia tidak mengarah ke konflik.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)