Eks Pegawai: Beroperasi dalam Bayangan, Facebook Harus Diawasi

Rabu, 06 Oktober 2021 - 04:32 WIB
loading...
Eks Pegawai: Beroperasi dalam Bayangan, Facebook Harus Diawasi
Whistleblower Facebook Frances Haugen memberikan keterangan di depan Senat AS. Foto/WSJ
A A A
WASHINGTON - Mantan karyawan Facebook ,Frances Haugen, muncul di hadapan Kongres Amerika Serikat (AS) untuk memberikan kesaksian terkait raksasa media sosial itu. Kemunculan Haugen disambut bak pahlawan oleh media dan senator AS yang ingin memotong pengaruh raksasa Mark Zuckerberg .

Dalam kesaksiannya, Haugen menuduh CEO Facebook Mark Zuckerberg menempatkan keuntungan di atas keselamatan. Ia pun menutut regulator menyelidiki tuduhannya bahwa perusahaan media sosial itu merugikan anak-anak dan memicu perpecahan.

Selama dengar pendapat dengan subkomite Senat Perdagangan, pelapor Haugen menyerukan transparansi tentang bagaimana Facebook membujuk penggunanya untuk berlama-lama di situs tersebut, memberi mereka banyak kesempatan untuk beriklan.

"Selama Facebook beroperasi dalam bayang-bayang, menyembunyikan penelitiannya dari pengawasan publik, itu tidak bertanggung jawab," tegas Haugen, mantan karyawan perusahaan hampir USD1 triliun yang berubah menjadi whistleblower dengan puluhan ribu dokumen rahasia.

"Kepemimpinan perusahaan tahu bagaimana membuat Facebook dan Instagram lebih aman, tetapi tidak akan membuat perubahan yang diperlukan karena mereka telah menempatkan keuntungan astronomis mereka di atas orang-orang. Tindakan kongres diperlukan," cetus Haugen seperti dilansir dari Reuters, Rabu (6/10/2021).



Haugen mengungkapkan bahwa dialah yang memberikan dokumen yang digunakan dalam investigasi Wall Street Journal dan sidang Senat tentang bahaya Instagram terhadap gadis remaja. Dia membandingkan situs media sosial dengan zat adiktif seperti tembakau dan opioid.

"Selama lebih dari lima jam Facebook terbiasa digunakan memperdalam perpecahan, destabilisasi demokrasi dan membuat gadis-gadis muda dan wanita merasa buruk tentang tubuh mereka," ujarnya

Mantan manajer produk di tim informasi Misin Civic Facebook itu mendorong "kepedulian dan pengawasan publik" menjadi bagaimana algoritma konten bekerja dan konsekuensi dari mereka. Dia menyarankan membuat tubuh khusus dalam pemerintah federal untuk mengawasi perusahaan media sosial.

Haugen mengatakan Facebook juga sedikit tindakan untuk mencegah situsnya digunakan oleh orang-orang yang merencanakan kekerasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)