AS Bersiap Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35 Besar-besaran ke Eropa

Selasa, 05 Oktober 2021 - 15:49 WIB
loading...
AS Bersiap Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35 Besar-besaran ke Eropa
Jet tempur siluman F-35 (tengah) dan dua F-16 Fighting Falcon terbang ke Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California, AS. Foto/US Air Force/Darin Russell
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) bersiap untuk mengerahkan jet tempur siluman F-35 secara besar-besaran dan permanen ke Eropa. Pada pekan lalu, Angkatan Udara Amerika mendirikan skuadron F-35A Lightning II di Lakenheath, Inggris.

Angkatan Udara Amerika, dalam siaran persnya, mengatakan Skuadron Tempur 495, yang merupakan bagian dari Sayap Tempur ke-48 dan juga dikenal sebagai Valkyrie, diaktifkan kembali di Pangkalan RAF Lakenheath di Inggris pada Jumat pagi.



F-35 pertama dari skuadron itu dijadwalkan tiba di pangkalan akhir tahun ini. Total, 27 unit jet tempur canggih itu akan dikerahkan ke sana bersama sekitar 60 personel, termasuk pilot.

Penciptaan skuadron menandai pertama kalinya F-35 AS secara permanen ditempatkan di Eropa.

“Ada banyak pekerjaan yang dilakukan untuk membawa kita sejauh ini, tetapi ada banyak lagi yang perlu dilakukan sebelum mendapatkan jet musim dingin ini,” kata Letnan Kolonel Ian McLaughlin, komandan baru Skuadron Tempur 495, pada upacara reaktivasi, seperti dikutip Military.com, Selasa (5/10/2021).

Pangkalan Lakenheath telah menjadi tuan rumah F-35 di masa lalu, dan infrastruktur yang ada adalah alasan utama pangkalan itu dipilih pada tahun 2015 untuk menampung Skuadron Tempur 495.

Hubungan Angkatan Udara AS dengan Angkatan Udara Kerajaan Inggris—yang juga menerbangkan F-35—, dan peluang untuk pelatihan gabungan di Lakenheath adalah alasan lain mengapa F-35 dipilih.

Angkatan Udara Amerika telah mempersiapkan Lakenheath untuk kedatangan F-35. Pusat Insinyur Sipil Angkatan Udara sedang meng-upgrade lapangan terbang pangkalan, serta menambahkan simulator penerbangan, hanggar, dan fasilitas penyimpanan F-35A baru.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)