Perang Geng Tewaskan 116 Napi di Penjara, Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 01:36 WIB
loading...
A A A
Zuniga, yang juga Menteri Kehakiman negara itu pada 2016, mengatakan dia menyesalkan bahwa tidak ada langkah-langkah yang diambil untuk mencegah pembantaian lain menyusul kerusuhan penjara yang mematikan Februari lalu.



Sebelumnya, para pejabat mengatakan kekerasan meletus dari perselisihan antara geng penjara "Los Lobos" dan "Los Choneros".

Kolonel Mario Pazmino, mantan direktur intelijen militer Ekuador, mengatakan pertempuran berdarah itu menunjukkan bahwa kejahatan terorganisir transnasional telah menembus struktur penjara Ekuador. Ia menambahkan bahwa kartel Sinaloa dan Jalisco Generasi Baru Meksiko beroperasi melalui geng-geng lokal.

“Mereka ingin menabur ketakutan,” katanya kepada The Associated Press, mendesak pemerintah untuk sementara menyerahkan kendali penjara kepada Polisi Nasional.

"Semakin radikal dan kekerasan cara mereka membunuh, semakin mereka mencapai tujuan kontrol mereka," tambahnya.

Presiden Ekuador mengatakan bahwa titik perawatan telah didirikan untuk kerabat narapidana dengan makanan dan dukungan psikologis. Dia menambahkan bahwa program USD24 juta untuk menangani penjara negara akan dipercepat, dimulai dengan investasi dalam infrastruktur dan teknologi di penjara Litoral.

Mantan direktur biro penjara Ekuador, Fausto Cobo, mengatakan bahwa otoritas di dalam penjara menghadapi ancaman dengan kekuatan yang sama atau lebih besar dari negara itu sendiri. Dia mengatakan bahwa sementara pasukan keamanan harus memasuki penjara dengan perisai dan tidak bersenjata, mereka bertemu dengan narapidana dengan senjata kaliber tinggi.



Pada bulan Juli, presiden Ekuador juga pernah menetapkan keadaan darurat dalam sistem penjara Ekuador menyusul beberapa episode kekerasan yang mengakibatkan lebih dari 100 narapidana terbunuh. Kematian itu terjadi di berbagai penjara dan tidak di satu fasilitas seperti pembantaian yang terjadi pada hari Selasa lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)