Kekayaan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Sentuh Angka Rp423 Triliun

Kamis, 30 September 2021 - 17:04 WIB
loading...
Kekayaan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Sentuh Angka Rp423 Triliun
Harta kekayaan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn mencapai USD30 miliar atau sekitar Rp423 triliun. Foto/Ist
A A A
BANGKOK - Maha Vajilangkorn adalah raja Thailand yang berkuasa sejak Oktober 2016 hingga saat ini. Ia lahir di Bangkok, 28 Juli 1952 dan berasal dari dinasti Chakri. Sang raja memang tak pernah luput dari perhatian masyarakat Thailand, bahkan dunia. Hal itu karena hidupnya yang bergelimang harta.

Melansir Al Jazeera, harta Kekayaan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn mencapai USD30 miliar atau sekitar Rp423 triliun. Masyarakat Thailand pernah melakukan demonstrasi besar-besaran menuntut sang raja menyerahkan hartanya.

Lantas, apa saja kekayaan raja Thailand itu? Sejak kematian ayahnya dan menjadi didapuk menjadi raja baru negeri Gajah Putih, Vajilangkorn mendapat limpahan kekayaan aset dari ayahnya. Aset itu adalah perusahaan besar bernama CBP (Crown Property Bureau/Biro Properti Mahkota). Dengan begitu, ia bisa leluasa mengendalikan harta dan aset-asetnya. Bahkan, melebihi raja Arab Saudi.
Seperti yang diketahui, CBP sudah didirikan sejak 1938 dan merupakan sebuah perusahaan induk rahasia dan memiliki saham di perusahaan blue chip yang tersebar di Bangkok. Berbagai sumber menyebut, raja Thailand memiliki villa di Jerman dan hotel di pengunungan Alpen.

Sementara itu, situs berita Reuters menginformasikan, jika Vajilangkorn mempunyai 6.560 hektar tanah di Thailand. Sang raja pun diketahui memiliki saham sekitar 9 miliar USD yang ada di perusahaan Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank.

Untuk aset CBP sendiri, memiliki sebanyak 1.328 hektar tanah. Beberapa di antaranya merupakan real estate utama di ibukota negara itu. Nilai aset propertinya saja sudah mencapai 33 miliar USD. Beragamnya aset yang dimiliki Vajilangkorn itu menjadikan ia sebagai salah satu raja terkaya di dunia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)