Tegang dengan AS, Putin dan Erdogan Saling Puji

Kamis, 30 September 2021 - 09:02 WIB
loading...
Tegang dengan AS, Putin dan Erdogan Saling Puji
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi, Rabu (29/9/2021). Foto/Sputnik/Vladimir Smirnov/Pool via REUTERS
A A A
SOCHI - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saling memuji selama dan setelah pertemuan tiga jam. Keduanya semakin "mesra" di saat negara mereka bersitegang dengan Amerika Serikat (AS).

Putin memuji pertemuan dengan Erdogan “bermanfaat” dan “produktif”. Mereka bertemu untuk membahas konflik Suriah.



Itu adalah pembicaraan tatap muka pertama mereka dalam 18 bulan terakhir.

Pemimpin Rusia itu menjamu Erdogan di kediamannya di resor Sochi di kawasan Laut Hitam setelah dua minggu mengasingkan diri menyusul wabah virus corona di antara para pembantunya.

Keduanya, yang tidak berbicara kepada wartawan setelah pembicaraan itu, diperkirakan membahas krisis di Suriah barat laut di mana pasukan rezim Suriah dan Rusia telah meningkatkan serangan udara dalam beberapa pekan terakhir.

Pada hari Selasa, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan Ankara berharap pembicaraan akan menghasilkan kembalinya situasi damai sesuai dengan kesepakatan kedua pihak.

Dalam pertemuan pasca-negosiasi yang hangat, yang mencakup diskusi tentang tingkat antibodi virus corona mereka, Putin berterima kasih kepada Erdogan. "Kunjungan ini berguna dan informatif," katanya.

"Kami akan menghubungi (Anda)," ujarnya.

Menulis di Twitter, Erdogan memuji pembicaraan itu “produktif”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)