Tonton! Asap Hitam Tebal Membumbung dari Pangkalan Militer AS di Irak

Rabu, 29 September 2021 - 00:12 WIB
loading...
A A A
Camp Victory adalah fasilitas militer utama yang terletak di sebelah Bandara Internasional Baghdad, dan berfungsi sebagai markas besar Pasukan AS-Irak hingga dipindahkan kembali ke kendali pemerintah Irak pada 2011.

Fasilitas ini terus ditempati pasukan AS, dan telah mengalami serangan berulang kali, termasuk serangan drone dan roket dalam beberapa bulan terakhir. Berbagai serangan itu diyakini menargetkan pasukan AS.

Pada Juni, kantor perdana menteri Irak mengumumkan satu "kelompok penjahat" menyerang pangkalan tersebut menggunakan tiga pesawat tak berawak, dengan salah satu pesawat tak berawak dikatakan telah ditembak jatuh.

Pada Mei, Camp Victory diserang roket. Sebulan sebelumnya, pangkalan itu terkena serangan roket. Tidak ada korban yang dilaporkan dalam salah satu serangan hingga saat ini.

Musim panas ini, pemerintah Irak dan Amerika Serikat menandatangani perjanjian yang mewajibkan Washington menarik semua pasukan tempur keluar dari Irak pada akhir tahun 2021.

Beberapa milisi Syiah sekutu Baghdad telah menyatakan ketidakpuasan dengan perjanjian itu, yang memungkinkan kontingen terbatas pasukan AS untuk tetap tinggal.

Milisi Syiah bersikeras semua personel AS, termasuk pelatih, perwira intelijen, dan personel Angkatan Udara AS, segera pergi dari Irak.

Milisi telah melakukan kampanye serangan artileri, drone dan bom pinggir jalan yang menargetkan pasukan, fasilitas dan konvoi logistik militer AS.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2112 seconds (0.1#10.140)