Inilah Jet Tempur Siluman Nirawak Tandem F-35 AS dalam Pertempuran

Selasa, 28 September 2021 - 08:06 WIB
loading...
Inilah Jet Tempur Siluman...
Desain Model 401 dan Model 437, jet tempur siluman nirawak untuk menemani jet tempur siluman berawak seperti F-35 AS dalam pertempuran nyata. Foto/Northrop Grumman Corporation
A A A
CALIFORNIA - Northrop Grumman Corporation di Amerika Serikat (AS) meluncurkan jet tempur siluman nirawak untuk menemani jet tempur siluman berawak seperti F-35 ke dalam pertempuran nyata.

Diluncurkan awal bulan ini di fasilitas Northrop Grumman di Palmdale, California, jet siluman Model 437 dengan jangkauan 3.000 mil merupakan kolaborasi antara Northrop Grumman dan perancang pesawat Scaled Composites di Mojave, California.



Para eksekutif mengatakan kendaraan udara tak berawak (UAV) akan digunakan untuk dua program teknologi pesawat otonom—Skyborg Angkatan Udara AS dan Project Mosquito dari Inggris.

Skyborg akan menjadi pesawat tempur tak berawak dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk menemani jet tempur siluman berawak ke dalam pertempuran.

Kontraktor bersaing untuk mendapatkan pesanan pengiriman senilai USD400 juta untuk prototipe.

Project Mosquito adalah program wingman setia Inggris yang bertujuan untuk menerbangkan pesawat tempur bersama jet tempur F-35, pesawat tempur multiperan Typhoon, dan penggantinya di masa depan, Tempest.

Meskipun belum ada prototipe skala penuh untuk Model 437, para eksekutif yakin bahwa platform tersebut akan menjadi bagian dari keluarga sistem pesawat tak berawak generasi berikutnya.

“Ini adalah solusi untuk berbagi platform pesawat berbiaya rendah dan dapat diatribusikan," kata presiden Scaled Composites, Cory Bird, seperti dikutip dari National Defense Magazine, Selasa (28/9/2021).

Para pejabat Angkatan Udara AS mengatakan platform yang dapat diatribusikan—yang berarti sistem berbiaya rendah dan dapat dibuang—akan membawa berbagai kemampuan ke medan perang, berfungsi sebagai sensor, jammers, atau pun penembak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)