CIA Ingin Habisi Assange, Siap Tempur dengan Agen Rusia di Jalanan London

Senin, 27 September 2021 - 15:40 WIB
loading...
A A A
“Saya tidak berpikir orang-orang menyadari berapa banyak [yang] CIA dapat lakukan di bawah [kontra intelijen] ofensif dan bagaimana ada pengawasan minimal itu,” kata seorang mantan pejabat AS.

Sejumlah jurnalis terkenal, termasuk Glenn Greenwald dan Laura Poitras, yang dianggap sebagai "perantara informasi", menjadi target pengawasan CIA.

“Apakah WikiLeaks adalah outlet jurnalistik? Apakah Laura Poitras dan Glenn Greenwald benar-benar jurnalis?” kata salah satu sumber berspekulasi dalam sebuah wawancara dengan Yahoo News.

"Kami mencoba mengubah definisi mereka, dan saya mengkhotbahkan ini ke Gedung Putih, dan ditolak.”

Pada akhirnya, Assange diseret keluar dari Kedutaan Besar Ekuador dan saat ini tetap dalam tahanan di penjara Inggris dengan keamanan tinggi.

AS berencana mengajukan banding atas keputusan pengadilan Inggris untuk menolak permintaannya agar mengekstradisi Assange atas tuduhan terkait peretasan. Proses persidangan diperkirakan akan dilanjutkan bulan depan.

Kekhawatiran tentang tindakan berbahaya AS terhadap Assange adalah salah satu faktor yang mencegah CIA untuk melangkah lebih jauh. Tim pembela Assange berharap laporan rencana berbahaya itu terbukti benar.

“Harapan saya adalah bahwa pengadilan Inggris akan mempertimbangkan informasi ini dan itu akan semakin memperkuat keputusannya untuk tidak mengekstradisi dia ke AS,” kata pengacaranya, Barry Pollack, ketika ditanya tentang dugaan rencana CIA yang menargetkan kliennya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)