Israel Ingin Pasang Peralatan Canggihnya di Dalam Jet Tempur Siluman F-35

Jum'at, 24 September 2021 - 01:38 WIB
loading...
Israel Ingin Pasang Peralatan Canggihnya di Dalam Jet Tempur Siluman F-35
Pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Angkatan Udara Israel (IAF) telah meminta Amerika Serikat (AS) untuk mengizinkan akses yang lebih besar ke avionik inti dari pesawat jet tempur siluman F-35 . Tujuannya, untuk memasang peralatan canggih yang dikembangkannya sendiri ke dalam pesawat tersebut.

“Upayanya adalah untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara pembatasan AS dan tuntutan operasional Israel,” kata Kepala Staf Udara IAF Brigadir Jenderal Nir Barkan dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Breaking Defense,yang dilansir Kamis (23/9/2021).



Barkan, perwira nomor dua di IAF dan yang bertanggung jawab membangun kemampuan masa depan IAF, mengatakan bahwa pesawat uji F-35 khusus telah digunakan secara luas untuk menguji lebih banyak sistem buatan Israel pada jet siluman tersebut.

Meskipun dia tidak akan merinci tentang teknologi buatan Israel yang ingin ditambahkan IAF ke dalam F-35, sumber di militer Zionis mengatakan bahwa itu termasuk sistem peperangan elektronik baru, sistem komunikasi baru yang akan memungkinkan aliran dua arah serangan nyata dan penambahan sistem senjata yang sangat rahasia untuk dimuat ke ruang senjata saat beroperasi secara sembunyi-sembunyi.

Sekadar diketahui, AS melarang setiap pembeli untuk mengutak-atik jet tempur siluman F-35. Namun, Washington selama ini memberikan kelonggaran bagi militer Zionis untuk memodifikasi pesawat itu secara khusus.

Israel memiliki program rekor untuk 50 unit F-35A, jet tempur varian lepas landas dan mendarat konvensional. Pejabat Israel telah memulai bahwa armada F-35-nya telah digunakan dalam operasi tempur yang berbeda di “arena dekat dan jauh", dan negara itu dikenal lebih bersedia menggunakan jet tempur tersebut dalam situasi pertempuran daripada beberapa operator F-35 lainnya.

Diminta untuk menanggapi komentar Barkan, juru bicara Kantor Program Bersama (JPO) F-35, Brandi Schiff, mengatakan; “JPO F-35 akan terus memenuhi semua persyaratan kedaulatan Israel dalam kebijakan keamanan dan pelepasan Pemerintah Amerika Serikat, dan akan berusaha keras untuk menyeimbangkan pembatasan AS dengan permintaan Israel.”

Israel juga dalam diskusi dengan AS tentang pengadaan tahap baru F-15 canggih, dengan permintaan telah dibawa ke Gedung Putih selama kunjungan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett ke Washington pada bulan Agustus lalu.

Ditanya mengapa Israel membutuhkan lebih banyak F-15 mengingat pembelian F-35 yang besar, Barkan mencatat kemampuan F-15 untuk melayani lebih banyak truk senjata yang melengkapi F-35. "Bahwa sistem konektivitas khusus yang kami gunakan memungkinkan keduanya jet untuk beroperasi bersama-sama sangat erat," katanya.

Selama wawancara, Barkan juga menyuarakan keprihatinan tentang program rudal balistik Iran, dan memberikan wawasan tentang seperti apa tanggapan gabungan Israel-AS.

“Latihan pertahanan rudal balistik gabungan AS dan Angkatan Udara Israel baru-baru ini mungkin, dalam keadaan tertentu, menjadi bagian realitas operasional dari rencana regional untuk mempertahankan Israel dari ancaman balistik,” katanya. “AS dan Israel semakin memperkuat kemampuan pertahanan rudal balistiknya."

Barkan mengatakan latihan bersama baru-baru ini antara kedua negara menunjukkan seberapa cepat AS dapat merespons jika rudal balistik Iran diluncurkan ke Israel dan dicegat oleh pertahanan rudal negara itu. Dalam skenario itu, akan memakan waktu sekitar 24 jam sebelum AS akan mendaratkan C-17 di pangkalan militer Israel dan membongkar sistem pertahanan—kemungkinan termasuk sistem pertahanan rudal THAAD, yang pertama kali dikerahkan di Israel pada 2019 sebagai bagian dari latihan bersama—dan bersiap untuk kemungkinan serangan balik.



Berikut ini ringkasan wawancara tersebut.

Setelah menandatangani kontrak untuk 50 pesawat tempur F-35, apa alasan untuk mencari jet tempur baru F-15 yang canggih?

Kami membangun kekuatan udara kami sesuai dengan skenario masa depan, berdasarkan asumsi yang berbeda. Kami mencoba untuk meramalkan kebutuhan operasional kami dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan, sedemikian rupa sehingga akan menjawab kebutuhan potensial di arena pertempuran yang berbeda. Mengatakan itu, kami memahami bahwa platform udara yang dibeli sekarang mungkin akan beroperasi dalam 40 hingga 50 tahun ke depan. Tetapi hal-hal dapat berubah, dan oleh karena itu ketika kami memilih platform, kami melihat kemampuannya untuk beroperasi dengan platform udara lainnya. Kami berpikir bahwa campuran F-35 dan F-15 canggih akan menjawab kebutuhan masa depan kami dan akan memungkinkan kami untuk memangkas kemampuan kedua pesawat ini untuk menghadapi tantangan yang berubah.

Berkali-kali, media asing melaporkan UAV bersenjata Israel yang digunakan di berbagai arena. Secara resmi IAF tidak pernah mengonfirmasi penggunaan UAV bersenjata. Namun yang mengejutkan, bulan lalu IAF mengumumkan pembentukan “departemen sistem senjata UAV". Tidak ada rincian yang ditambahkan ke pengumuman resmi singkat. Bisakah Anda menjelaskan kebutuhan departemen ini?

Vektor peningkatan penggunaan UAV terus berlanjut, dan itu membutuhkan adaptasi tertentu. Saya tidak bisa pergi menjadi detail, tetapi seperti kami terus meningkatkan kemampuan platform berawak kami, kami harus melakukan hal yang sama dengan UAV kami. (Barkan menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut).

IAF telah tegas sejak awal bahwa mereka tidak akan melakukan perawatan berat terhadap F-35 di luar Israel. Apakah itu masih kebijakan Anda?

Ya. Ini adalah keputusan tegas kami untuk melakukan semua tingkat pemeliharaan F-35 di Israel, dan kami sedang membangun kemampuan ini di 22 unit pemeliharaan utama kami.

IAF telah membuat keputusan untuk membeli hingga 8 pesawat pengisian bahan bakar udara KC-46A. Ini untuk menggantikan 707 lama yang saat ini digunakan. Apakah Anda mencoba untuk mendapatkan setidaknya beberapa sedini mungkin, dengan mendapatkan persetujuan Angkatan Udara AS untuk menggunakan beberapa slot produksi pesawat ini?

Ya, kami melakukan segala upaya untuk mempersingkat waktu sampai kami bisa mendapatkan pesawat pengisian bahan bakar udara canggih ini dan secara bertahap menghapus 707 yang lama.

IAF telah memilih Lockheed Martin CH-53K sebagai pengganti CH-53 lamanya. Ini, setelah persaingan sengit dengan Boeing CH-47, yang membawa label harga yang jauh lebih rendah. Apa dasar pemilihan ini?

Pemilihan dilakukan dengan komando pasukan darat pasukan pertahanan Israel. Kami membuat keputusan akhir berdasarkan kebutuhan operasional secara keseluruhan, bersama dengan biaya operasional dan faktor lainnya. Saya mendukung penuh pemilihan tersebut.

Angkatan Laut Israel memutuskan untuk menggunakan helikopter Seahawk pada korvet SAAR 6 barunya. Apakah program itu bergerak maju?

Helikopter bekas yang akan kami dapatkan dari AS ini akan menggantikan helikopter Eurocopter AS-565 yang saat ini digunakan. Mereka akan dilengkapi dengan sistem yang akan memungkinkan mereka untuk melayani kebutuhan operasional yang sangat besar dari Angkatan Laut Israel. Mereka akan beroperasi di tahun-tahun mendatang. Mereka akan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Israel untuk mendapatkan gambaran yang lebih rinci tentang arena operasionalnya.

Rencana untuk membentuk unit rudal darat-ke-darat IDF telah berulang kali tertunda. Apakah IAF keberatan dengan rencana tersebut, dengan asumsi bahwa hal itu akan memengaruhi anggaran pengadaan IAF?

Kami tidak menentang program ini. Kami melihat unit rudal darat-ke-darat khusus sebagai kemampuan pelengkap yang, dengan konektivitas operasional tingkat tinggi IDF, mungkin sangat berguna.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian Pertahanan Israel, dengan beberapa industri pertahanan, sedang mengerjakan sistem laser yang akan mampu mencegat ancaman udara. Apakah IAF melihat kemampuan seperti itu sebagai salah satu yang akan bekerja bersama dengan sistem seperti Iron Dome dan David's Sling?

Kemampuan ini akan mulai beroperasi dalam jangka waktu lima sampai sepuluh tahun. Beberapa kemajuan yang dapat dianggap sebagai "terobosan" telah dibuat, tetapi saya tidak dapat menjelaskan secara rinci.

Dalam pertemuan baru-baru ini antara perdana menteri Israel dan presiden AS, permintaan Israel untuk anggaran pengadaan tambahan di atas hibah FMF tahunan diajukan. Apakah ini untuk mengisi kembali persediaan amunisi Angkatan Udara Israel yang banyak digunakan dalam operasi Guardian Of The Walls baru-baru ini di Gaza?

Stok amunisi IAF berada pada tingkat yang diperlukan. Dalam kerangka program pertumbuhan “Swing” multi-tahun IDF, jelas bahwa sementara kami meningkatkan jumlah pesawat kami, secara paralel, kami harus memperoleh lebih banyak sistem senjata karena tingkat pencarian target terus meningkat. Ini adalah adaptasi rutin dan tidak berasal dari kekurangan.

IAF adalah pengguna berat dari berbagai jenis UAV. Sistem tak berawak ini melakukan hingga 80% dari total jam terbang di angkatan [udara]. Apakah itu berarti pesawat tempur berawak akan digantikan oleh UAV?

Dalam beberapa tahun terakhir kami telah mentransfer misi yang berbeda dari platform berawak ke platform tak berawak. Tapi saya tidak melihat situasi di mana UAV akan sepenuhnya menggantikan pesawat berawak. Teknologi yang memungkinkan UAV untuk sepenuhnya menggantikan pesawat berawak sangat mahal. Dunia melihat ke arah ini, tetapi saya tidak melihatnya terjadi di masa mendatang.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)