Taliban Kini Miliki Peralatan Militer AS Senilai Rp270 Triliun

loading...
Taliban Kini Miliki Peralatan Militer AS Senilai Rp270 Triliun
Taliban kuasai peralatan militer AS. FOTO/Talib Times
KABUL - Taliban diketahui telah menguasai sejumlah besar peralatan militer dan senjata Amerika Serikat (AS) yang didapat dari gudang senjata militer Afghanistan . Peralatan militer AS yang dikuasai Taliban menurut veteran militer, Jim Banks bernilai lebih dari USD85 miliar atau lebih dari Rp270 triliun.

“Kami sekarang tahu, bahwa karena kelalaian pemerintahan (Presiden Joe Biden), Taliban sekarang (memiliki) akses ke peralatan militer Amerika senilai lebih dari USD85 miliar,” ujarnya.

Baca: Taliban Ingkar Janji, Minoritas Syiah Afghanistan Ancam Lanjutkan Bentrokan

Selama dua dekade terakhir, AS melatih dan memasok Angkatan Bersenjata Afghanistan dengan sejumlah besar persenjataan dan peralatan. Senjata-senjata itu sebagian besar disita oleh Taliban ketika mereka menguasai negara itu pada 15 Agustus, setelah pertempuran selama berbulan-bulan.



Unit tentara Afghanistan telah gagal melakukan banyak perlawanan, ketika kelompok ekstremis mulai menguasai kota-kota penting dengan banyak yang meninggalkan pos mereka dan atau menyerah.

Dengan sedikit atau tanpa perlawanan, Banks mengatakan, Taliban mampu merebut peralatan militer yang tertinggal, termasuk 75 ribu kendaraan, 200 pesawat terbang dan helikopter, serta 600 ribu senjata ringan dan senjata ringan.

Baca: Taliban Minta Perwakilan di PBB, Picu Perdebatan

"Taliban sekarang memiliki lebih banyak helikopter Black Hawk daripada 85 persen negara di dunia," ujarnya, seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (21/9).

Lebih mengejutkan lagi, kata Banks, Taliban juga memiliki perangkat biometrik yang memiliki sidik jari, pemindaian mata, dan informasi biografi warga Afghanistan yang berkolaborasi dengan AS dalam perjuangan mereka melawan mereka.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top