Taliban: Perempuan Boleh Masuk Sekolah Menengah setelah Lingkungan Aman

loading...
Taliban: Perempuan Boleh Masuk Sekolah Menengah setelah Lingkungan Aman
Anak-anak perempuan belajar di sekolah menengah sebelum Taliban kembali berkuasa di Afghanistan sejak Agustus 2021. Foto/REUTERS
KABUL - Taliban mengatakan anak perempuan bisa masuk sekolah menengah setelah pemerintah baru Afghanistan yang mereka bentuk telah menciptakan lingkungan yang aman.

Sejauh ini, hanya anak laki-laki yang diizinkan melanjutkan studi mereka.

“Kami tidak menentang pendidikan anak perempuan, tetapi kami masih bekerja pada mekanisme bagaimana kehadiran mereka di sekolah dapat dimungkinkan,” kata juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid kepada majalah Jerman, Der Spiegel, yang dilansir Senin (20/9/2021).

Baca juga: Sambut Musim Gugur, 820 Orang Ramai-ramai Telanjang di Laut Utara



Mujahid mengatakan bahwa lingkungan dan transportasi yang aman harus dijamin bagi pelajar perempuan sebelum mereka diizinkan kembali ke ruang kelas.

Dia mengatakan para sarjana hukum harus menyiapkan laporan tentang bagaimana mengatur lingkungan yang aman bagi anak perempuan dan perempuan dalam pendidikan dan pekerjaan.

Ketika rezim Taliban berkuasa di Afghanistan antara 1996 hingga 2001, anak perempuan dilarang mengenyam pendidikan. Para perempuan dewasa juga dilarang bekerja. Taliban, kala itu, juga memaksa kaum perempuan menutupi diri mereka dari kepala sampai kaki di depan umum.

Tak lama setelah merebut Kabul 15 Agustus lalu, Taliban berjanji bahwa perempuan akan menikmati lebih banyak kebebasan daripada selama rezim mereka di masa lalu.

Namun, faktanya hanya anak laki-laki yang diizinkan untuk melanjutkan studi mereka ketika sekolah menengah dibuka kembali pada hari Sabtu pekan lalu.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top