AS Kecam Peluncuran Rudal Korut, Serukan Kembali ke Meja Dialog

loading...
AS Kecam Peluncuran Rudal Korut, Serukan Kembali ke Meja Dialog
Amerika Serikat (AS) mengutuk peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara (Korut) dan menyerukan Pyongyang untuk kembali ke meja dialog. Foto/REUTERS
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengutuk peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara (Korut) dan menyerukan Pyongyang untuk kembali ke meja dialog. Korut melakukan dua peluncuran rudal balistik dalam sepekan terakhir.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Ned Price mengatakan, Amerika mengutuk peluncuran rudal Korut mencatat peluncuran rudal ini melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB.

Sementara itu, Price mengatakan Washington masih berkomitmen melakukan pendekatan diplomatik ke Pyongyang untuk mengejar denuklirisasi Semenanjung Korea.

"Kami menyerukan Korut untuk terlibat dalam dialog yang bermakna dan substantif dengan kami. Kami sudah sangat jelas dalam pesan yang kami sampaikan kepada Korut bahwa kami siap untuk terlibat dalam dialog itu,” kata Price, seperti dilansir Xinhua pada Kamis (16/9/2021).



Price juga menegaskan kembali bahwa komitmen AS terhadap sekutu regional sangat kuat. Baca juga: Kutuk Peluncurkan Rudal Balistik, PM Jepang Sebut Korut Keterlaluan

Pemerintahan Joe Biden telah berulang kali menyarankan bahwa mereka berusaha untuk terlibat dengan Pyongyang atas masalah denuklirisasi tetapi tidak menunjukkan kesediaan untuk meringankan sanksi.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa Korut menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke perairan timur. Baca juga: Semenanjung Korea Memanas, Rusia Serukan Korut dan Korsel Menahan Diri

Peluncuran rudal itu dilakukan dua hari setelah Pyongyang mengatakan pihaknya berhasil melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh jenis baru pada pekan lalu.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top