Menlu Qatar Bertolak ke Kabul, Temui Pemerintahan Sementara Taliban

Senin, 13 September 2021 - 16:54 WIB
loading...
Menlu Qatar Bertolak ke Kabul, Temui Pemerintahan Sementara Taliban
Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdurrahman Al-Thani mengunjungi Kabul untuk melakukan pertemuan dengan anggota pemerintahan sementara Taliban. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdurrahman Al-Thani dilaporkan mengunjungi Kabul untuk melakukan pertemuan dengan para pejabat dari pemerintahan sementara Taliban. Sheikh Mohammed menjadi pejabat tinggi pemerintah pertama yang bertemu dengan pemerintahan sementara Taliban di Afghanistan.

Juru bicara Taliban, Suhail Shaeen mengatakan, Sheikh Mohammed melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri sementara Afghanistan, Mullah Hassan Akhund dan sejumlah menteri di pemerintahan baru.

"Pertemuan itu fokus pada hubungan bilateral, bantuan kemanusiaan, pembangunan ekonomi dan interaksi dengan dunia," katanya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (13/9/2021).

Shaheen mengatakan, para pemimpin Taliban berterima kasih kepada pemerintah Qatar karena mendukung rakyat Afghanistan di masa krisis seperti sekarang.

Pertemuan itu juga dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri Qatar. Di mana, Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan pertemuan tersebut membahas cara-cara mempromosikan perdamaian di Afghanistan dan perkembangan terbaru mengenai pengoperasian Bandara Kabul, dan memastikan kebebasan lintas dan perjalanan untuk semua orang.

"Kedua belah pihak menekankan pentingnya upaya bersama untuk memerangi organisasi teroris yang mengancam stabilitas Afghanistan," kata Kementerian Luar Negeri Qatar.

“Menteri Luar negeri mendesak para pejabat Afghanistan untuk melibatkan semua pihak di Afghanistan dalam rekonsiliasi nasional,” sambungnya.

Kementerian itu menambahkan bahwa dalam kunjungan tersebut, Sheikh Mohammed juga melakukan pertemuan dengan Abdullah Abdullah, seorang pejabat senior di pemerintahan Afghanistan sebelumnya dan mantan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)