China Hadiahkan Stadion Baru Senilai Rp2,1 Triliun kepada Kamboja

Senin, 13 September 2021 - 15:21 WIB
loading...
China Hadiahkan Stadion Baru Senilai Rp2,1 Triliun kepada Kamboja
Stadion Nasional Morodok Techo senilai Rp2,1 triliun di Phonm Penh yang dihibahkan China kepada Kamboja. Foto/StadiumDB.com
A A A
PHNOM PENH - China menghadiahkan kepada Kamboja sebuah stadion baru senilai USD150 juta (Rp2,1 triliun) di Phnom Penh. Para pejabat di Phnom Penh mengatakan itu adalah hibah infrastruktur terbesar Beijing ke negara itu.

Stadion berkapasitas 60.000 orang itu adalah proyek terbaru di bawah inisiatif Belt and Road China senilai triliunan dollar, sebuah rencana untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur dan meningkatkan pengaruh Beijing di luar negeri.



Penyerahan stadion yang dimaksudkan sebagai venue utama saat Kamboja menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2023 itu dilakukan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat berkunjung.

Menteri Pariwisata Kamboja Thong Khon mengatakan stadion senilai USD150 juta itu merupakan hibah terbesar China kepada Kamboja untuk proyek infrastruktur.

Terletak di Ibu Kota Kamboja, Stadion Nasional Morodok Techo menyerupai kapal layar, melambangkan persahabatan lama kedua negara saat orang-orang China biasa melakukan perjalanan ke Kamboja dengan perahu.

Dikelilingi oleh parit yang menggemakan badan air yang mengelilingi kompleks candi Angkor Wat.

Perdana Menteri Hun Sen dalam beberapa tahun terakhir menghadapi kritik atas ketergantungannya pada Beijing. Namun dia membela hubungan kedua negara kemarin, dengan mengatakan China adalah "teman yang dipercaya dan dihormati".

“Apakah saya melakukan kesalahan dalam menghubungi teman kami, China, ketika kami telah mencapai hasil seperti ini?” tanya dia, mengacu pada hibah stadion baru.

“Ini adalah tonggak baru dalam persahabatan erat antara Kamboja dan China,” imbuh dia, seperti dikutip AFP, Senin (13/9/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)