Bermodal Detektor Logam, Pria Desa Temukan Harta Karun Unik Zaman Pra-Viking

Senin, 13 September 2021 - 06:11 WIB
loading...
Bermodal Detektor Logam, Pria Desa Temukan Harta Karun Unik Zaman Pra-Viking
Penemuan lebih dari 20 objek berharga itu menjadikannya sebagai salah satu penemuan terbesar dan paling penting dalam sejarah Denmark. Foto/Ist
A A A
KOPENHAGEN - Seorang pria Denmark menemukan harta karun unik zaman pra-Viking. Penemuan lebih dari 20 objek berharga itu menjadikannya sebagai salah satu penemuan terbesar dan paling penting dalam sejarah Denmark.

Awalnya, Ole Ginnerup Schytz sedang berjalan dengan teman sekelasnya di kota Vindelev, Denmark. Ia berjalan sambil membawa detektor logam di tangannya pada Desember tahun lalu.

Beberapa jam kemudian, detektor berbunyi dan dia menemukan apa yang secara kualitatif merupakan salah satu penemuan emas terbesar dalam sejarah Denmark, harta emas berusia 1500 tahun. Tetapi pada saat itu, dia tidak menyadarinya.

Pertama, seperti dilansir TRT World pada Senin (13/9/2021), dia menemukan sepotong kecil logam bengkok saat menggali.

"Itu penuh dengan puing-puing dan lumpur. Saya tidak tahu tentang itu. Satu-satunya hal yang dapat saya pikirkan adalah bahwa itu tampak seperti tutup kaleng ikan haring asam," katanya.

Tapi kemudian, saat dia terus menggali, dia menemukan sekitar 20 benda berharga yang terdiri dari medali besar yang disebut bracteates dengan ukuran piring dan koin, dan perhiasan dari Kekaisaran Romawi. Kemungkinan besar, mereka dipakai sebagai hiasan atau pakaian.

Setelah penemuan besar ini, situs itu digali oleh para arkeolog. Sekarang, mereka tahu bahwa harta karun itu terkubur di bawah rumah panjang sekitar 1.500 tahun yang lalu.

Menurut Vejlemuseerne, konsorsium museum di Vejle, Denmark, harta karun emas yang sangat besar itu beratnya hampir satu kilogram. Museum menggambarkan mereka sebagai salah satu harta emas terbesar, terkaya, dan terindah dalam sejarah Denmark.

Menurut para ahli, benda-benda harta karun pra-Viking terjadi dalam teknik dan kombinasi yang belum pernah terlihat sebelumnya ketika mempertimbangkan contoh serupa lainnya. Dengan demikian, mereka digambarkan sebagai unik.

Beberapa objek memiliki motif yang mungkin merujuk pada penguasa waktu itu, sementara beberapa simbol dan tulisan membawa semangat mitologi Nordik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)