RI Apresiasi Bantuan Australia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19

Kamis, 09 September 2021 - 17:29 WIB
loading...
RI Apresiasi Bantuan Australia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19
Indonesia menyampaikan apresiasi kepada Australia atas bantuan yang mereka berikan dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Foto/Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Indonesia menyampaikan apresiasi kepada Australia atas bantuan yang mereka berikan dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Australia diketahui mengirimkan bantuan mulai dari oksigen hingga vaksin kepada Indonesia.

"Bersama-sama, kita bertekad untuk mengatasi pandemi ini dan berkontribusi menuju ketahanan kesehatan di kawasan," ucap Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi pasca pertemuan 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Indonesia-Australia di Jakarta.

Retno menuturkan bahwa Australia telah memberikan berbagai bantuan kepada Indonesia dalam menanggulangi covid-19. Bantuan tersebut adalah satu juta dosis vaksin AstraZeneca, 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen, 170 tabung oksigen, tes antigen cepat dan sejumlah peralatan medis lainnya.

"Sehubungan dengan itu, izinkan saya menyampaikan apresiasi Indonesia kepada Australia atas dukungannya yang berkelanjutan selama pandemi," ujarnya pada Kamis (9/9/2021).

Pada gilirannya, Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan karena Indonesia adalah salah satu mitra penting Australia.

"Bantuan ini bersama dengan dukungan Australia melalui komitmen AUD 12 juta. Kami juga bekerja sama dengan berbagai organisasi non-pemerintah, badan PBB dan lembaga masyarakat, serta pemerintah provinsi," ungkap Payne.

"Karena, mereka yang terus melanjutkan tanggapan atas Covid-19, dan fokus kemitraan kami untuk mendukung kebutuhan masyarakat dan sistem kesehatan setempat," tuturnya.

Dirinya menambahkan, selama masa krisis Covid-19 ini, ketepatan waktu untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan sangat penting. Payne menyebut, Australia sudah berusaha sekeras mungkin untuk membantu tepat waktu dan bekerja sama dalam menghadapi pandemi ini dengan Indonesia.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)