Kebakaran Penjara dengan Jumlah Korban Jiwa Besar di Berbagai Negara

Rabu, 08 September 2021 - 12:02 WIB
loading...
Kebakaran Penjara dengan Jumlah Korban Jiwa Besar di Berbagai Negara
Petugas memeriksa sisa kebakaran di Penjara Comayagua, Honduras, pada Februari 2012. Foto/REUTERS
A A A
TEGUCIGALPA - Lapas Klas 1 Tangerang mengalami kebakaran besar pada Rabu (8/9). Sebanyak 41 orang tewas dalam peristiwa ini. Kasus kebakaran di Lapas atau penjara yang memakan korban jiwa dalam jumlah besar juga pernah terjadi di negara lain. Berikut daftarnya:

1. Penjara Comayagua, Honduras, pada Februari 2012

Kebakaran hebat terjadi di Penjara Comayagua. Akibat peristiwa itu, 359 narapidana tewas. Korban tewas karena terjebak di dalam penjara. Seluruh tubuh korban hangus terbakar dan sulit untuk dikenali. Penyebab kebakaran ini diduga akibat kelalaian narapidana. Kebakaran ini merupakan yang terburuk di dunia.

2. Penjara Higuey, Republik Dominika, pada Maret 2005

Sebanyak 136 narapidana tewas di Penjara Higuey, Republik Dominika, akibat kebakaran hebat. Peristiwa kebakaran ini dipicu karena perkelahian antar narapidana. Saat itu, para narapidana membakar tempat tidur dan merusak pintu kunci sel.

3. Penjara San Pedro Sula, Honduras pada Mei 2004

Kebakaran terjadi di Penjara San Pedro Sula. Korban tewas akibat peristiwa ini adalah 104. Menurut pihak polisi, kebakaran disebabkan mesin kulkas yang meledak dan memicu kebakaran.

Menurut salah satu tahanan (JL) yang selamat mengatakan bahwa kejadiannya begitu cepat, dia terbangun dengan kondisi tempat tidur dan baju yang sudah terbakar. Kondisi di dalam penjara tersebut penuh sesak karena telah melebihi kapasitas.

4. Penjara al-Hair, Arab Saudi, pada September 2003

Sebanyak 67 tahanan tewas akibat kebakaran yang terjadi di Penjara al-Hair, Arab Saudi. Kebakaran penjara ini merupakan kejadian terburuk sepanjang sejarah Arab Saudi. Penyebab kebakaran diduga karena adanya sabotase.

5. Penjara Sabaneta, Venezuela, pada Januari 1994

Sebanyak 108 tahanan tewas usai api membakar Penjara Sabaneta, Venezuela. Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, kebakaran ini sengaja dilakukan oleh para tahanan. Sebelum kebakaran terjadi, para tahanan terlibat kerusuhan yang dipicu oleh bentrokan antar geng.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)