Gubernur Provinsi Taliban Tegaskan ISIS Bukan Ancaman Besar

Selasa, 07 September 2021 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Setelah ledakan itu, militer AS mengatakan telah melakukan serangan pesawat tak berawak (drone) terhadap “perencana” ISIS di provinsi Nangarhar.

Namun, Mohammad mengatakan dia tidak percaya ISIS menimbulkan ancaman besar seperti yang mereka lakukan di Irak dan Suriah.

“Di sini mereka telah menderita banyak korban di Afghanistan utara dan timur,” papar dia di Jalalabad, istana gubernur, yang sekarang dihiasi bendera Taliban.

“Dengan Taliban berkuasa, tidak akan ada alasan bagi (ISIS) untuk berada di sini. Kami tidak menganggap ISIS sebagai ancaman,” ujar dia.

Meskipun ISIS dan Taliban adalah militan garis keras, mereka berbeda dalam hal-hal kecil agama dan strategi, sementara masing-masing mengklaim sebagai pembawa bendera jihad yang sebenarnya.

Pertarungan itu telah menyebabkan pertempuran berdarah di antara keduanya.

“Komentar ISIS yang diterbitkan setelah jatuhnya Kabul menuduh Taliban mengkhianati ISIS dengan kesepakatan penarikan Amerika Serikat,” ungkap SITE Intelligence Group, yang memantau komunikasi militan.

Perkiraan terbaru kekuatan ISIS bervariasi dari 500 pejuang aktif hingga beberapa ribu orang, menurut laporan PBB pada Juli.

Namun, pembobolan penjara oleh Taliban selama serangan musim panas mereka juga menyebabkan banyak militan ISIS dibebaskan.

Taliban meraih kekuasaan dengan kecepatan yang mengejutkan, dan Mohammad menggambarkan bagaimana dia dan para pejuangnya dapat berbaris di Jalalabad tanpa melepaskan tembakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)