Kasus Covid-19 Terus Menurun, Selandia Baru Mulai Longgarkan Sejumlah Pembatasan

Senin, 06 September 2021 - 18:47 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Terus Menurun, Selandia Baru Mulai Longgarkan Sejumlah Pembatasan
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan pembatasan terkait Covi-19 secara nasional akan dicabut. Foto/REUTERS
A A A
WELLINGTON - Perdana Menteri Selandia Baru , Jacinda Ardern mengatakan pembatasan terkait Covid-19 secara nasional akan dicabut. Namun, Ardern mengatakan ini tidak berlaku untuk Auckland, yang masih direpotkan oleh penyebaran varian Delta.

Selandia Baru sebagian besar bebas virus, tidak termasuk sekelompok kecil kasus pada Februari, sampai seorang pelancong yang terinfeksi dari Australia menyebarkan wabah yang mendorong Ardern untuk kembali memberlakukan penguncian nasional.

Ardern, yang mengatakan pembatasan akan dilonggarkan di luar Auckland mulai tengah pekan ini, terus mengejar strategi untuk mengeliminasi virus tersebut.

“Kami berada di ambang eliminasi, tetapi kami tidak bisa “menjatuhkan bola”,” kata Ardern dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin (6/9/2021).

"Hari demi hari kami membuat kemajuan yang sangat baik. Yang tidak ingin saya lakukan adalah bergerak terlalu cepat dan kemudian melihat terjadinya kembali peningkatan infeksi,” sambungnya.

Dia menuturkan, sekitar 1,7 juta orang di Auckland Raya, pusat wabah, akan tetap berada dalam penguncian tingkat empat penuh hingga setidaknya 14 September.

Pelonggaran status waspada ke level dua dari level tiga di seluruh negeri akan memungkinkan pembukaan kembali sekolah, kantor dan bisnis. Perjalanan regional juga akan diizinkan.

Penggunaan masker masih akan diwajibkan di sebagian besar tempat umum, termasuk toko dan mal. Pertemuan atau acaradalam ruangan akan dibatasi hingga 50 orang dan tempat luar ruangan untuk 100 orang.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)