Masker Wajah Berbahaya untuk Anak Berusia di Bawah Dua Tahun

Sabtu, 30 Mei 2020 - 21:23 WIB
loading...
Masker Wajah Berbahaya untuk Anak Berusia di Bawah Dua Tahun
Ilustrasi
A A A
TOKYO - Sebuah kelompok media di Jepang menyatakan, anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh memakai masker, karena hal itu dapat membuat sulit bernafas dan meningkatkan risiko tersedak. Mereka meluncurkan permintaan mendesak kepada orang tua untuk tidak memakaikan masker kepada bayi mereka.

Untuk mencegah penyebaran virus, para ahli kesehatan di seluruh dunia merekomendasikan orang-orang memakai topeng ketika sulit untuk menjaga jarak sosial karena negara-negara melonggarkan batasan-batasan setelah penutupan Covid-19.

(Baca: Doa Nabi Sulaiman Ketika Diberi Nikmat dan Kekayaan )

Namun, Asosiasi Pediatrik Jepang, seperti dilansir Japan Today, telah memperingatkan orang tua bahwa masker terlalu berisiko untuk bayi.

"Masker dapat membuat sulit bernafas, karena bayi memiliki saluran udara yang sempit, yang meningkatkan beban di hati mereka. Masker juga meningkatkan risiko serangan panas bagi mereka," kata asosiasi itu.

"Mari kita hentikan penggunaan masker untuk anak di bawah dua tahun," sambungnya dalam sebuah pernyataan.

(Baca: Ramadhan Telah Pergi, Ini Tanda Diterima Atau Tidaknya Puasa Kita )

Dikatakan, bahwa sejauh ini ada sangat sedikit kasus Covid-19 serius di antara anak-anak dan bahwa sebagian besar anak menjadi terinfeksi dari anggota keluarga, dengan hampir tidak ada wabah di sekolah atau fasilitas penitipan anak.

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC dan Akademi Pediatrik Amerika juga mengatakan anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh memakai penutup wajah dari kain.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)