Biden Perintahkan Dokumen Serangan 11 September Dirilis

Sabtu, 04 September 2021 - 06:34 WIB
loading...
Biden Perintahkan Dokumen Serangan 11 September Dirilis
Presiden AS Joe Biden memerintah dokumen serangan teroris 11 September untuk dirilis ke publik. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengumumkan bahwa sehubungan dengan peringatan 20 tahun serangan teroris 11 September 2001 , akan memulai proses peninjauan dokumen yang berkaitan dengan serangan itu untuk kemungkinan deklasifikasi dan rilis sebelum akhir tahun.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan dia telah mengeluarkan perintah eksekutif mengarahkan Departemen Kehakiman dan lembaga terkait lainnya untuk mengawasi tinjauan deklasifikasi dokumen yang terkait dengan penyelidikan Biro Investigasi Federal (FBI) pada 11 September.

"Perintah eksekutif mengharuskan Jaksa Agung untuk merilis dokumen yang tidak diklasifikasikan secara publik selama enam bulan ke depan," begitu bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (4/9/2021).

Bulan lalu, Departemen Kehakiman AS berkomitmen untuk meninjau ulang dokumen-dokumen tersebut menjelang peringatan 20 tahun serangan sebagai respons atas petisi bertahun-tahun oleh keluarga korban. Biden juga menghadapi tuntutan dari 1.800 penyintas serangan untuk melewatkan acara peringatan yang akan datang jika dia menolak untuk merilis dokumen.



Serangan tersebut dilakukan oleh 19 pembajak dari kelompok teroris al-Qaeda yang mengambil alih empat pesawat. Mereka menerbangkan dua di antaranya ke menara World Trade Center di New York, satu lagi ke Pentagon di Arlington, Virginia, dan yang keempat jatuh dari langit di Pennsylvania selatan setelah para penumpang berusaha merebut kembali kendali pesawat.

Sekitar 2.977 orang tewas dalam serangan tersebut, yang berhasil meruntuhkan dua gedung pencakar langit berlantai 110 di Manhattan dan memicu kebakaran hebat di salah satu bagian dari Pentagon, yang menampung kantor-kantor Departemen Pertahanan.

Setelah serangan itu, Presiden AS saat itu George W. Bush menuntut agar pemerintah Taliban di Afghanistan menyerahkan para pemimpin al-Qaeda di balik serangan itu, termasuk Osama bin Laden . Ketika Taliban mengatakan ingin bukti kesalahan Osama sebelum menyerahkannya, Bush mengatakan pemerintahnya tidak akan berunding dengan teroris dan melancarkan invasi ke Afghanistan yang menjadi perang pendudukan 20 tahun melawan pemberontakan Taliban.



Ketika pasukan AS terakhir terbang keluar dari bandara utama Kabul pada hari Senin, Washington menyatakan perang telah berakhir. Ironisnya, jam-jam terakhir mereka di dalam negeri dihabiskan untuk bekerja sama dengan Taliban, yang merebut Kabul beberapa hari sebelumnya, untuk mencegah serangan teroris terhadap kedua kelompok oleh ISIS-K .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)