AS Hengkang, Taliban Kini Hadapi Perang ISIS-K dan Milisi Panjshir

Jum'at, 03 September 2021 - 08:59 WIB
loading...
A A A
Menurut laporan Juni oleh Dewan Keamanan PBB, ISIS-K melakukan 77 serangan dalam empat bulan pertama tahun 2021 dan merupakan peningkatan dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020. Serangan lebih lanjut akan mendiskreditkan klaim Taliban sebagai penguasa sah Afghanistan dan memberikan insentif bagi anggota Taliban yang lebih radikal untuk membelot dan bergabung dengan ISIS-K yang lebih kejam dan berorientasi global.

AS meluncurkan koalisi global untuk mengalahkan ISIS di Irak dan Suriah pada tahun 2014 dan tetap dengan gigih menentang ISIS di Afghanistan. Kerja sama diam-diam antara AS dan Taliban dalam beberapa tahun terakhir menghancurkan kelompok itu untuk sementara waktu. Kerja sama yang diperbarui antara pemerintah Taliban dan AS mungkin menjadi salah satu cara yang mungkin untuk menekan kelompok tersebut.

Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley mengatakan "mungkin" bagi pasukan AS untuk bekerja sama dengan Taliban dalam mengejar tujuan kontraterorisme di Afghanistan bergerak maju.

Masalah rumit bagi Taliban ketika mereka berusaha menahan ISIS-K adalah gerakan perlawanan dari Lembah Panjshir, yang dikenal sebagai Front Perlawanan Nasional (NRF).

Lembah Panjshir, yang belum berada di bawah kendali Taliban, adalah sarang bersejarah perlawanan anti-Taliban di mana banyak mantan pasukan keamanan Afghanistan dan milisi lainnya mencari perlindungan dari Taliban. Bentrokan antara Taliban dan NRF sudah berlangsung saat keduanya bersaing untuk menguasai pertikaian anti-Taliban terakhir.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)