Keberhasilan Taliban Dikhawatirkan Menginspirasi Pemberontakan di AS

Kamis, 02 September 2021 - 15:58 WIB
loading...
A A A
“Fakta bahwa Taliban pada akhirnya dapat mengeklaim kemenangan atas kekuatan dunia seperti itu adalah sesuatu yang diperhatikan oleh supremasi kulit putih,” kata Mendelson kepada CNN.



Laporan tersebut juga mengutip dua pejabat federal yang tidak disebutkan namanya, satu dari penegak hukum dan satu lagi dari DHS, berspekulasi bahwa "retorika kebencian" ini dapat menyebabkan kekerasan terhadap pengungsi Afghanistan yang saat ini diterbangkan ke AS setelah pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban.

Pemerintah Afghanistan yang didukung AS runtuh hampir dalam semalam dan menyerahkan militernya yang didanai Pentagon kepada Taliban tanpa perlawanan pada pertengahan Agustus lalu. Hal ini menyebabkan perebutan panik oleh puluhan ribu orang untuk melarikan diri dari Kabul melalui bandara, yang dikendalikan oleh pasukan AS.

Biden sendiri telah memuji evakuasi dari bandara Kabul sebagai “keberhasilan luar biasa” dan berpendapat mengakhiri perang hampir 20 tahun adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Sementara itu, Taliban telah memamerkan perangkat keras dan senjata AS yang mereka rampas di sekitar Kabul, Kandahar dan kota-kota Afghanistan lainnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)