Taliban Ditakutkan Gulingkan Juga Pakistan dan Rebut Senjata Nuklirnya

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 00:03 WIB
loading...
Taliban Ditakutkan Gulingkan Juga Pakistan dan Rebut Senjata Nuklirnya
Kelompok Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan dikhawatirkan akan menggulingkan juga pemerintah Pakistan dan merebut senjata nuklirnya. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Para anggota Kongres Amerika Serikat (AS) mulai takut bila Taliban juga akan menggulingkan pemerintah Pakistan dan pada akhirnya merebut senjata nuklir negara itu. Ketakutan muncul setelah kelompok itu merebut kekuasaan Afghanistan hanya dalam waktu 11 hari.

Para wakil rakyat Amerika pada hari Rabu mendesak Presiden Joe Biden untuk memastikan Taliban, yang sekarang pemerintah de facto Afghanistan, tidak menggoyahkan pemerintah Pakistan dan mendapatkan senjata nuklirnya.



Mereka menuntut agar Presiden Biden menjawab pertanyaan kritis tentang apa yang muncul di Afghanistan, dan rencana pemerintahannya ke depan.

“Apakah Anda siap untuk mendukung sekutu regional secara militer jika Taliban melakukan militerisasi di perbatasan Afghanistan? Apa rencana Anda untuk membantu memastikan bahwa Taliban tidak mengacaukan tetangga nuklirnya, Pakistan?" kata 68 anggota Kongres dari Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Biden.

"Apakah Anda memiliki rencana untuk memastikan bahwa Afghanistan, di bawah pendudukan Taliban, tidak akan pernah memperoleh senjata nuklir?” lanjut para wakil rakyat Amerika tersebut.

Para anggota Kongres itu selama beberapa minggu terakhir mengatakan bahwa komunitas global telah menyaksikan “dengan sangat terkejut” pengambilalihan Taliban atas Afghanistan dalam serangan kilat terhadap pemerintah Afghanistan.

"Itu adalah hasil dari kesalahan yang dibuat sendiri oleh AS dengan menarik sepenuhnya jejak kecil yang tersisa dari kekuatan militer utama kami dari Afghanistan, dan dengan menunda evakuasi personel AS dan mitra Afghanistannya secara tidak perlu," kata mereka.

“Situasi di Afghanistan telah dengan cepat bermetastasis ke pemerintahan Taliban dengan penindasan kembali terhadap perempuan dan anak perempuan, penindasan masyarakat sipil, pemindahan warga Afghanistan yang tak terhitung jumlahnya dari rumah mereka yang kemudian digunakan Taliban untuk mencegah mereka melarikan diri dari Afghanistan, dan kekosongan kekuasaan yang China berusaha mengisi dengan meningkatkan hubungannya dengan Taliban,” imbuh para anggota Kongres Amerika yang dilansir kantor berita PTI, Kamis (26/8/2021).



Memperhatikan bahwa penarikan pasukan AS dan NATO dari negara Asia Tengah tidak hanya terjadi di Kabul saja, atau bahkan kawasan Asia Barat, mereka mengatakan bahwa tindakan tersebut memiliki signifikansi geopolitik dan strategis yang akan memiliki efek riak selama beberapa dekade.

“Menghadapi konsekuensi ini berarti bahwa kita harus mengambil tindakan sekarang untuk memetakan arah strategi Amerika, sementara kita mengelola dampak langsung dari krisis yang ditimbulkan sendiri di Afghanistan ini. Untuk tujuan ini, kami menulis untuk meminta Anda menguraikan apa rencana Anda untuk memajukan Amerika,” sambung surat puluhan anggota Kongres.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)