Putin: Penarikan Pasukan AS Timbulkan Masalah Bagi Rusia

Rabu, 25 Agustus 2021 - 08:46 WIB
loading...
Putin: Penarikan Pasukan AS Timbulkan Masalah Bagi Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin mengkritik penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengkritik Amerika Serikat (AS) dan sekutunya karena meninggalkan Afghanistan . Putin mengatakan penarikan itu dapat menimbulkan masalah bagi Rusia dan sekutunya.

"Ada bahaya bahwa teroris dan kelompok berbeda yang menemukan tempat perlindungan di Afghanistan akan menggunakan kekacauan yang ditinggalkan oleh rekan-rekan Barat kami dan mencoba meluncurkan ekspansi ke negara-negara tetangga," kata Putin.

"Itu akan menimbulkan ancaman langsung bagi negara kita dan sekutunya," imbuhnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (25/8/2021).

Putin mencatat bahwa Rusia telah terlibat dalam perang 10 tahun Soviet di Afghanistan, yang berakhir ketika pasukan ditarik keluar dari negara itu pada tahun 1989. Dia mengatakan Moskow telah belajar dari konflik tersebut, dan tidak akan ikut campur di Afghanistan.

"Kami telah mengambil pelajaran yang diperlukan," kata Putin.

"Kami tidak memiliki niat untuk ikut campur dalam urusan internal Afghanistan dan, terlebih lagi, biarkan pasukan militer kami ditarik ke dalam konflik semua lawan semua," ucapnya.



Dia juga mengatakan bahwa kemungkinan peningkatan perdagangan narkoba dan masalah yang berkaitan dengan migrasi dapat menimbulkan ancaman bagi Rusia, sementara juga mencatat bahwa militan dapat menggunakan gejolak tersebut untuk mengacaukan negara-negara bekas Soviet di Asia Tengah.



Sementara itu Menteri Pertahanan Rusia telah menyuarakan keprihatinan tentang Taliban yang menyita sejumlah besar senjata, termasuk sistem rudal pertahanan udara, setelah menyapu Afghanistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)