Kepala Dewan HAM PBB Kantongi Bukti Taliban Eksekusi Warga Sipil

Selasa, 24 Agustus 2021 - 20:36 WIB
loading...
Kepala Dewan HAM PBB Kantongi Bukti Taliban Eksekusi Warga Sipil
Kepala Dewan HAM PBB kantongi laporan Taliban eksekusi warga sipil. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Kepala Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengatakan telah menerima laporan yang dapat dipercaya tentang pelanggaran serius yang dilakukan oleh Taliban di Afghanistan , termasuk "eksekusi singkat" terhadap warga sipil dan pasukan keamanan Afghanistan yang telah menyerah.

Michelle Bachelet tidak memberikan rincian pembunuhan dalam pidatonya kepada Dewan Hak Asasi Manusia, tetapi mendesak forum Jenewa untuk membentuk mekanisme guna memantau secara dekat tindakan Taliban.

"Perlakuan Taliban terhadap perempuan dan anak perempuan akan menjadi garis merah mendasar," katanya pada sesi darurat Dewan HAM PBB, yang diadakan atas permintaan Pakistan dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) seperti dikutip dari Reuters, Selasa (24/8/2021).

Mengutip laporan pembunuhan dan serangan yang ditargetkan dalam beberapa bulan terakhir, Bachelet mengatakan, kelompok etnis minoritas dan agama yang beragam di Afghanistan juga berisiko mengalami kekerasan dan penindasan.

Nasir Ahmad Andisha, seorang diplomat senior Afghanistan dari pemerintah yang digulingkan, menyerukan pertanggungjawaban atas tindakan Taliban, menggambarkan situasi tidak pasti dan mengerikan di mana jutaan orang takut akan nyawa mereka.



Pakar hak asasi manusia independen PBB, dalam sebuah pernyataan bersama, mengatakan bahwa banyak orang bersembunyi saat Taliban terus menggeledah rumah dari pintu ke pintu, menyita properti dan melakukan pembalasan.

Tetapi duta besar China untuk PBB di Jenewa, Chen Xu, mengatakan bahwa tentara Amerika Serikat (AS) dan militer mitra koalisi lainnya, termasuk Inggris dan Australia, harus bertanggung jawab atas dugaan pelanggaran hak yang dilakukan pasukan mereka di Afghanistan.

AS sendiri mengutuk serangan yang dikatakan dilakukan terhadap warga sipil, jurnalis, aktivis dan kelompok minoritas, tetapi tidak menyebut nama Taliban.

Dewan HAM PBB akan mempertimbangkan rancangan resolusi, yang diajukan oleh Pakistan, yang menyuarakan keprihatinan atas laporan pelanggaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)