AS Turun Tangan Bantu Lithuania Hadapi Tekanan China

Minggu, 22 Agustus 2021 - 23:01 WIB
loading...
AS Turun Tangan Bantu Lithuania Hadapi Tekanan China
Lithuania berada di bahwa tekanan China, setelah memutuskan untuk menjalin hubungan dengan Taiwan. Foto/Ist
A A A
VILNIUS - Amerika Serikat (AS) turun tangan membantu Lithuania dalam menghadapi tekanan dari China. Lithuania berada dibahwa tekanan China , setelah memutuskan untuk menjalin hubungan dengan Taiwan.

China pada 10 Agustus menuntut agar Lithuania menarik Duta Besarnya di Beijing dan mengatakan akan memanggil pulang kembali Duta Besar di Vilnius. Perselisihan ini dipicu oleh keputusan Lithuania mengizinkan Taiwanuntuk membuka kedutaan de facto Vilnius, dengan menggunakan nama resmi mereka sendiri.

Kementerian Luar Negeri Lithuania mengatakan komitmen untuk membantu Vilnius untuk hadapi tekanan Beijing disampaikan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken saat berbicara dengan Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis.

“Blinken dan Landsbergis berbicara untuk membahas tindakan bilateral terkoordinasi untuk membantu Lithuania menahan tekanan dari China,” kata kementerian itu.

“Keduanya sepakat tindakan agresif sepihak China dan tekanan politik terhadap Lithuania sama sekali tidak dapat diterima,” sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (22/8/2021).

Pernyataan itu tidak memberikan rincian tindakan bilateral yang disepakati.

Sementara itu, dalam pernyataan terpisah, Kementerian Luar Negeri AS mengatakan Blinken menggarisbawahi solidaritas AS yang kuat dengan Lithuania dalam menghadapi perilaku pemaksaan China.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)