Jurnalis Arab Saudi yang Anjurkan Berdamai dengan Israel Dibebaskan dari Penjara

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 13:44 WIB
loading...
A A A
"Ghabin adalah korban konflik di balik layar di Arab Saudi. Kaum moderat tidak ingin menyakitinya, tetapi para ekstremis berhasil menangkapnya," kata Cohen.

"Di beberapa negara Arab, perintah hakim tidak diperlukan untuk melakukan penangkapan; panggilan telepon dari politisi atau pejabat tinggi keamanan lainnya sudah cukup. Inilah yang terjadi dalam kasus Ghabin. Menurut pendapat banyak orang di Arab Saudi, dia telah melewati batas perilaku yang dapat diterima dan mendapatkan apa yang akan datang kepadanya."

Menurutnya, Ghabin tidak menyerang kemapanan Arab Saudi. Seandainya dia melakukannya, dia hampir pasti akan dieksekusi atau dijatuhi hukuman puluhan tahun penjara.

Wartawan Arab Saudi itu menghabiskan satu tahun di penjara, di samping lima bulan dia ditahan di kantor polisi. Selama waktu itu kewarganegaraannya dicabut dan pihak berwenang mencoba menuduhnya menjadi mata-mata untuk Israel.

Tuduhan terhadapnya termasuk berusaha untuk mendapatkan kewarganegaraan Saudi dengan penipuan, penyelundupan uang, mendukung Inggris, dan merugikan Palestina.

"Ghabin baru-baru ini dibebaskan dengan pembatasan ketat. Dia dilarang keluar negeri, diwawancarai media apapun, dan membuka akun media sosial," imbuh Cohen.

Setelah satu setengah tahun, ketika akhirnya menjadi jelas bagi pihak berwenang bahwa pemenjaraan Ghabin tidak berdasar, tuduhan terhadapnya dibatalkan. Sebuah komite negara sekarang sedang memeriksa skandal tersebut. Jika disimpulkan bahwa Ghabin telah dianiaya, kemungkinan besar, dia akan diberi kompensasi.

"Sumber yang saya ajak bicara di Arab Saudi mengatakan kepada saya bahwa dia dibebaskan agar tidak merusak hubungan yang rapuh dengan pemerintahan Biden di AS," katanya.

Dia menyerukan negara-negara Barat harus menawarkan suaka politik untuknya dan keluarganya, karena dia tidak akan pernah bisa menjalani kehidupan normal lagi di Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi belum berkomentar atas laporan tentang pembebasan jurnalis tersebut dari penjara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)