Taliban Rebut Kandahar dan Herat, Pukulan Telak bagi Afghanistan

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 10:28 WIB
loading...
Taliban Rebut Kandahar dan Herat, Pukulan Telak bagi Afghanistan
Tank-tank tiba di medan perang, di Kunduz, Afghanistan 7 Juli 2021, saat perang antara pasukan Afghanistan dan Taliban berkecamuk. Foto/REUTERS TV via REUTERS
A A A
KANDAHAR - Taliban mengeklaim telah merebut Kandahar, kota terbesar kedua di Afghanistan, yang akan menjadi pukulan telak bagi pasukan pemerintah Afghanistan. Kelompok itu juga dilaporkan telah merebut Herat, Ibu Kota Provinsi Herat.

Mengutip para saksi, Associated Press melaporkan bahwa Taliban telah merebut kantor gubernur dan bangunan lainnya di Kandahar. Kandahar adalah Ibu Kota Provinsi Kandahar.



Para saksi menolak disebutkan namanya secara terbuka karena pemerintah belum mengakui kekalahan tersebut.

“Kandahar benar-benar ditaklukkan. Mujahidin mencapai Lapangan Martir di kota,” tulis seorang juru bicara Taliban di Twitter yang dikutip AFP, Jumat (13/8/2021).

Seorang penduduk kota Kandahar juga mengonfirmasi bahwa Taliban mengendalikan memang kota itu.

Sebelumnya, warga dan jurnalis lokal melaporkan bahwa Herat, kota terbesar ketiga di negara itu, telah jatuh ke tangan kelompok bersenjata Taliban.

Jika jatuhnya dua kota itu terkonfirmasi, maka Taliban sudah merebut 12 ibu kota provinsi di Afghanistan hanya dalam hitungan hari.

Pada hari Kamis, Ibu Kota Provinsi Ghazni; Ghazni, yang berjarak sekitar 130km (80 mil) barat daya ibu kota nasional, Kabul, menjadi ibu kota provinsi ke-10 yang jatuh ke tangan Taliban.

Dari 34 ibu kota provinsi, sudah 10 yang terkonfirmasi jatuh ke tangan kelompok bersenjata tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)