Kapal Selam Nuklir Rusia Jalankan Misi 'Penetrasi ke Dalam' Misterius di Atlantik

Selasa, 03 Agustus 2021 - 16:29 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir Rusia Jalankan Misi Penetrasi ke Dalam Misterius di Atlantik
Kapal selam nuklir Rusia jalankan misi penetrasi ke dalam misterius di Atlantik. Foto/Mirror
A A A
LONDON - Kapal selam nuklir bersenjata rudal hipersonik Rusia dilaporkan menjalankan misi "penetrasi ke dalam" misterius, menyelam lebih dari 500 meter di Samudra Atlantik . Kapal selam Rusia yang menjalankan misi tersebut adalah kapal selam jenis Borei yang mampu membawa rudal hipersonik baru Rusia.

Kapal selam Borei diyakini mampu membawa rudal hipersonik Zircon 3M22 baru, yang dapat menempuh jarak 2,7 km per detik dan diperkirakan hanya ada sedikit atau tidak ada yang bisa menangkalnya.



Latihan perang, yang telah meningkatkan kemungkinan bahwa rudal-rudal ini dapat dibawa lebih dalam dari yang diperkirakan sebelumnya, telah mengkhawatirkan para analis yang khawatir Rusia dapat meningkatkan persiapan untuk konflik.

"Alasan untuk misi kedalaman ekstrim ini adalah menghindari sebagian besar analis tetapi bisa jadi untuk mengakes Atlantik dengan siluman," ujar sebuah sumber kepada Mirror.

“Ada peningkatan aktivitas kapal selam Rusia akhir-akhir ini, seperti yang terjadi pada sebagian besar angkatan bersenjata Moskow yang menguji tekad NATO'" imbuhnya.



"Rusia ingin mengerahkan kekuatan dan pengaruh sebanyak mungkin di seluruh dunia, khususnya untuk Armada Utara yang merupakan bagian integral dari perjalanan ke Atlantik," imbuhnya seperti dikutip dari media Inggris itu, Selasa (3/8/2021).

Puluhan kapal selam nuklir kelas Borei Rusia diketahui telah menyelam lebih dari 500 meter di bawah air di laut Norwegia, batas untuk sebagian besar kapal selam serang, dalam upaya nyata untuk memasuki Atlantik tanpa terdeteksi.

Biasanya kapal selam Rusia tidak akan menyelam lebih dalam dari 400 meter karena pada kedalaman 900 meter kapal ini bisa meledak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)