Kapal Induk AS Kawal Kapal Tanker Israel yang Diserang di Lepas Pantai Oman

loading...
Kapal Induk AS Kawal Kapal Tanker Israel yang Diserang di Lepas Pantai Oman
Kapal induk USS Ronald Reagan Angkatan Laut Amerika Serikat. Foto/REUTERS
DOHA - Kapal induk USS Ronald Reagan dan kapal Amerika Serikat (AS) lainnya saat ini sedang mengawal kapal tanker yang dikelola perusahaan Israel .

Kapal tanker Mercer Street milik Jepang tapi dikelola perusahaan pelayaran Israel telah diserang di lepas pantai Oman pada Kamis malam. Dua awak kapal tewas dalam serangan tersebut.

Baca juga: Sumber AS: Iran Tersangka Serangan Kapal Israel Tewaskan 2 Awak

USS Ronald Reagan baru-baru ini dikirim ke Timur Tengah untuk membantu melindungi pasukan Amerika yang ditarik dari Afghanistan.



Seorang pejabat Pentagon kepada Al Arabiya, Sabtu (31/7/2021) mengatakan personel Angkatan Laut AS kini berada di atas kapal Mercer Street.

Menurut pejabat tersebut, anggota dari Armada ke-5 Angkatan Laut AS menanggapi panggilan darurat dari sebuah kapal di perairan internasional pada hari sebelumnya setelah diserang.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid menyalahkan Iran atas insiden mematikan itu. Dia mengaku telah memberi tahu menteri luar negeri Inggris tentang perlunya tanggapan keras terhadap insiden tersebut.

“Iran bukan hanya masalah Israel, tetapi pengekspor terorisme, perusakan, dan ketidakstabilan yang merugikan kita semua. Dunia tidak boleh diam menghadapi terorisme Iran yang juga merugikan kebebasan pelayaran,” kata Lapid dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Al Jazeera, Sabtu (31/7/2021).

Tidak ada reaksi resmi langsung dari Iran terhadap tuduhan bahwa Teheran diduga berada di balik serangan terhadap kapal
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top