Nasib 'La Comadre' Sang Bos Narkoba Meksiko Dibui di AS, Anaknya Dimutilasi

Sabtu, 31 Juli 2021 - 00:15 WIB
loading...
Nasib La Comadre Sang Bos Narkoba Meksiko Dibui di AS, Anaknya Dimutilasi
Luz Irene Fajardo Campos alias La Comadre, bos besar kartel narkoba di Meksiko yang dihukum penjara 22 tahun di AS. Foto/lasillarota.com
A A A
WASHINGTON - Di Meksiko , dia dikenal sebagai “La Comadre", “La Madrina", dan “La Dona”—kata-kata yang merujuk pada bos besar wanita dalam bahasa Spanyol.

Beberapa rekannya juga memanggilnya Jenca—nama yang dia tempelkan ke beberapa kilo kokain yang dia jual ke Amerika Serikat (AS).

Minggu ini, bos kartel narkoba bernama asli Luz Irene Fajardo Campos itu dijatuhi hukuman 22 tahun penjara di AS karena menjalankan jaringan perdagangan narkoba internasional dengan putra-putranya yang sudah dewasa. Menurut jaksa AS, mereka membeli kokain di Kolombia dan mengimpor bahan kimia prekursor ke Meksiko, untuk kemudian memperdagangkan kokain dan sabu-sabu ke AS.



Kasusnya bertentangan dengan tren wanita dalam bisnis narkoba, dan merupakan anggukan terhadap kekuatan dan otonomi mereka yang berkembang dalam perdagangan narkoba internasional. Secara historis, pemahaman wanita dalam perdagangan narkoba sebagian besar terbatas pada istri atau pacar anggota kartel narkoba, pembunuh dan pemuas nafsu atau korban yang dikooptasi menjadi bandar narkoba atau diperdagangkan.

“Sama seperti peran wanita yang tumbuh dalam bisnis yang sah sebagaimana wanita telah menunjukkan bahwa mereka sama mampunya dengan laki-laki jika tidak lebih, tren yang sama terjadi di dunia narkoba,” kata Bonnie Klapper, seorang pengacara kriminal yang telah mewakili sebuah jumlah pengedar narkoba wanita kelas atas.

Ketika hukuman untuk Fajardo Campos dijatuhkan di Washington pada 27 Juli, para pejabat mengatakan mereka telah “memotong kepala ular itu.”

“Pengedar narkoba seperti Fajardo Campos mengobrak-abrik tatanan komunitas kami. Dia menghasilkan jutaan dollar dari mendorong ribuan pon racun ke komunitas Amerika sementara pada saat yang sama memicu kekerasan dan kejahatan di seluruh Amerika Serikat. Hari ini, keadilan ditegakkan,” kata Cheri Oz dari Divisi Lapangan Phoenix dari Drug Enforcement Administration (DEA) AS.

Namun Fajardo, yang ditangkap di bandara internasional di Bogota, Kolombia, pada April 2017 sebelum dikirim ke Amerika Serikat, membayar harga yang lebih mahal dari sekadar hukuman penjara untuk aktivitas perdagangan narkobanya.

Setelah penangkapannya, dua putranya yang sudah dewasa dibunuh di Hermosillo, Sonora, yang merupakan negara bagian yang berdekatan dengan Sinaloa. Kedua pria itu—yang menggunakan nama keluarga Aviles Fajardo tetapi nama depannya tidak diketahui—diculik dan mayat mereka ditemukan terpotong-potong dan dibakar di dalam kendaraan. Pembunuhan brutal itu diungkap dua sumber yang mengetahui kasus tersebut kepada VICE World News dengan syarat anonim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)