China Peringatkan AS Berhenti Dukung Taiwan: 'Main Api Akan Membakar Diri Sendiri'

loading...
China Peringatkan AS Berhenti Dukung Taiwan: Main Api Akan Membakar Diri Sendiri
Rudal-rudal DF-26 China yang dijuluki sebagai rudal pembunuh kapal induk dipamerkan dalam parade militer. Foto/Andy Wong/Pool via REUTERS
BEIJING - Pemerintah China memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk berhenti mendukung Taiwan. Beijing menegaskan militernya selalu siaga tinggi untuk menghancurkan segala upaya untuk memisahkan Taiwan dari China.

Peringatan itu disampaikan juru bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian, pada konferensi pers hari Kamis waktu Beijing.

Baca juga: China Jengkel Kapal Perang AS Masuk Selat Taiwan untuk Ke-7 Kalinya

Dia mendesak Amerika Serikat untuk berhenti mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan "kemerdekaan Taiwan".



Sebelumnya, sebuah pesawat angkut militer AS mendarat di Taiwan pada 15 Juli. Dalam langkah provokatif lainnya, Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS pada hari Rabu meminta menteri luar negeri untuk memberikan informasi tambahan dalam laporannya kepada Kongres tentang upaya untuk membantu Taiwan mendapatkan kembali status pengamatnya di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Wu mengatakan Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah China, dan menambahkan bahwa prinsip satu-China adalah dasar hubungan China-AS.

Dia mengkritik Washington karena secara serius mencampuri urusan dalam negeri China, secara serius merugikan kedaulatan teritorial dan kepentingan keamanan China, dan secara serius mengancam perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

"Mereka yang bermain api hanya akan membakar diri mereka sendiri," kata Wu memperingatkan AS. Dia mendesak Washington untuk menghentikan perilaku provokatifnya.

"China harus dan akan dipersatukan kembali," tegasnya yang dilansir CGTN, Jumat (30/7/2021). "Tidak ada yang boleh meremehkan tekad, kemauan, dan kemampuan orang-orang China untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial mereka."
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top