Kisah Ibu Lahirkan 9 Bayi: Pecahkan Rekor Dunia, Kelelahan Ganti 100 Popok Sehari

Jum'at, 30 Juli 2021 - 04:10 WIB
loading...
Kisah Ibu Lahirkan 9 Bayi: Pecahkan Rekor Dunia, Kelelahan Ganti 100 Popok Sehari
Halima Cisse, 26, Ibu asal Mali saat dalam proses persalinan 9 bayi yang dikandungnya dua setengah bulan lalu di Maroko. Foto/The Mirror
A A A
CASABLANCA - Seorang Ibu asal Mali yang memecahkan rekor dunia setelah melahirkan sembilan bayi dengan selamat di klinik Ain Borja, Casablanca, Maroko, berbagi cerita. Dia mengaku kelelahan karena harus mengganti rata-rata 100 popok sehari untuk bayi-bayinya.

Halima Cisse, 26, melahirkan sembilan bayinya melalui operasi caesar pada 5 Mei lalu. Sembilan bayi itu harus dirawat di inkubator di unit perawatan intensif klinik setidaknya selama dua bulan sejak dilahirkan.



Melahirkan sembilan bayi dikenal dengan istilah nonuplets. Dengan melahirkan sebanyak itu, Cisse mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh "Octomum" Nadya Suleman pada 2009, yang melahirkan delapan bayi dengan selamat.

Dua setengah bulan berlalu, semua bayi yang dilahirkan Cisse—yang beratnya antara 500g higga 1kg saat lahir—tetap sehat.

Memecahkan rekor dunia dengan mengandung lima bayi perempuan dan empat bayi laki-laki secara alami dan melahirkannya melalui operasi caesar telah "mengambil korban besar" pada Cisse.

Dia hanya mengetahui akan melahirkan sembilan bayi beberapa menit sebelum persalinan. Dia hampir meninggal karena kehilangan banyak darah selama persalinan.

"Saat bayi-bayi itu keluar, ada begitu banyak pertanyaan di benak saya," katanya kepadaMail Online,Kamis (29/7/2021).

"Saya sangat menyadari apa yang sedang terjadi dan sepertinya ada aliran bayi yang tak ada habisnya keluar dari saya," ujarnya.

"Kakak saya memegang tangan saya, tetapi yang bisa saya pikirkan hanyalah bagaimana saya akan menjaga mereka dan siapa yang akan membantu saya?"
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)