Kisah Ibu Lahirkan 9 Bayi: Pecahkan Rekor Dunia, Kelelahan Ganti 100 Popok Sehari

loading...
Kisah Ibu Lahirkan 9 Bayi: Pecahkan Rekor Dunia, Kelelahan Ganti 100 Popok Sehari
Halima Cisse, 26, Ibu asal Mali saat dalam proses persalinan 9 bayi yang dikandungnya dua setengah bulan lalu di Maroko. Foto/The Mirror
CASABLANCA - Seorang Ibu asal Mali yang memecahkan rekor dunia setelah melahirkan sembilan bayi dengan selamat di klinik Ain Borja, Casablanca, Maroko, berbagi cerita. Dia mengaku kelelahan karena harus mengganti rata-rata 100 popok sehari untuk bayi-bayinya.

Halima Cisse, 26, melahirkan sembilan bayinya melalui operasi caesar pada 5 Mei lalu. Sembilan bayi itu harus dirawat di inkubator di unit perawatan intensif klinik setidaknya selama dua bulan sejak dilahirkan.

Baca juga: Tokoh Militer Top Australia Sebut AS Bisa Kalah Perang Lawan China

Melahirkan sembilan bayi dikenal dengan istilah nonuplets. Dengan melahirkan sebanyak itu, Cisse mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh "Octomum" Nadya Suleman pada 2009, yang melahirkan delapan bayi dengan selamat.



Dua setengah bulan berlalu, semua bayi yang dilahirkan Cisse—yang beratnya antara 500g higga 1kg saat lahir—tetap sehat.

Memecahkan rekor dunia dengan mengandung lima bayi perempuan dan empat bayi laki-laki secara alami dan melahirkannya melalui operasi caesar telah "mengambil korban besar" pada Cisse.

Dia hanya mengetahui akan melahirkan sembilan bayi beberapa menit sebelum persalinan. Dia hampir meninggal karena kehilangan banyak darah selama persalinan.

"Saat bayi-bayi itu keluar, ada begitu banyak pertanyaan di benak saya," katanya kepadaMail Online,Kamis (29/7/2021).

"Saya sangat menyadari apa yang sedang terjadi dan sepertinya ada aliran bayi yang tak ada habisnya keluar dari saya," ujarnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top