Komisi Negara: Hampir 30% Tersangka Pedofilia di Polandia adalah Pastor

loading...
Komisi Negara: Hampir 30% Tersangka Pedofilia di Polandia adalah Pastor
Demonstran membawa spanduk bertulis Uskup, menyembunyikan pedofilia adalah kejahatan" saat protes di Warsawa. Foto/REUTERS
WARSAWA - Hampir 30% dari semua pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur di Polandia terkait dengan perwakilan pastor, menurut laporan Komisi Negara untuk Pedofilia.

Ini merupakan laporan pertama Komisi itu. Komisi yang dibentuk pemerintah Polandia pada 2019 itu membagikan hasil kerjanya pada Senin dalam makalah setebal 250 halaman.

Para ahli memeriksa 349 kasus pedofilia selama periode ini, dengan sekitar 100 tersangka di antaranya adalah pastor. “Lebih dari 50 kasus ini telah diteruskan ke Kantor Kejaksaan,” papar laporan itu.

Baca juga: Pakai Kaos Charlie Hebdo, Pengkhotbah Kristen Ditikam di London



Komisi itu juga mengkritik Gereja Katolik Polandia karena keengganannya bekerja sama dengan pemerintah dalam masalah kontroversial itu.

Baca juga: Kardinal Vatikan Diadili dalam Kasus Penipuan

“Di negara-negara seperti Australia dan Amerika Serikat (AS), para pemimpin gereja telah lama memahami bahwa menangani pedofilia dan bekerja sama dengan pihak berwenang di bidang ini adalah masalah kredibilitas dasar institusi mereka, tetapi ini tidak terjadi di Polandia,” ungkap laporan tersebut.

Baca juga: Pertama di Prancis, Pendeta Protestan Nikahi Pasangan Sesama Jenisnya

“Materi yang terkandung dalam laporan itu menakutkan, tetapi hanya membuktikan bahwa perang melawan kejahatan keji ini harus dilanjutkan,” ujar Blazej Kmieciak, ketua komisi tersebut, dilansir RT.com.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top