Komisi Negara: Hampir 30% Tersangka Pedofilia di Polandia adalah Pastor

Rabu, 28 Juli 2021 - 05:01 WIB
loading...
Komisi Negara: Hampir 30% Tersangka Pedofilia di Polandia adalah Pastor
Demonstran membawa spanduk bertulis Uskup, menyembunyikan pedofilia adalah kejahatan saat protes di Warsawa. Foto/REUTERS
A A A
WARSAWA - Hampir 30% dari semua pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur di Polandia terkait dengan perwakilan pastor, menurut laporan Komisi Negara untuk Pedofilia.

Ini merupakan laporan pertama Komisi itu. Komisi yang dibentuk pemerintah Polandia pada 2019 itu membagikan hasil kerjanya pada Senin dalam makalah setebal 250 halaman.

Para ahli memeriksa 349 kasus pedofilia selama periode ini, dengan sekitar 100 tersangka di antaranya adalah pastor. “Lebih dari 50 kasus ini telah diteruskan ke Kantor Kejaksaan,” papar laporan itu.



Komisi itu juga mengkritik Gereja Katolik Polandia karena keengganannya bekerja sama dengan pemerintah dalam masalah kontroversial itu.



“Di negara-negara seperti Australia dan Amerika Serikat (AS), para pemimpin gereja telah lama memahami bahwa menangani pedofilia dan bekerja sama dengan pihak berwenang di bidang ini adalah masalah kredibilitas dasar institusi mereka, tetapi ini tidak terjadi di Polandia,” ungkap laporan tersebut.



“Materi yang terkandung dalam laporan itu menakutkan, tetapi hanya membuktikan bahwa perang melawan kejahatan keji ini harus dilanjutkan,” ujar Blazej Kmieciak, ketua komisi tersebut, dilansir RT.com.

“Tetapi tidak hanya pastor dan orang asing yang dituduh melecehkan anak-anak, dengan beberapa pelanggaran dikaitkan dengan anggota keluarga, termasuk orang tua, dalam 35% kasus,” papar laporan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)